WAJIB COBA!! Sroto Sokaraja Soto Banyumas yang Rasanya Endull Mantull!!

WAJIB COBA!! Sroto Sokaraja Soto Banyumas yang Rasanya Endull Mantull!!
Sroto Sokraja (Foto : www.sasa.co.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sroto Sokaraja Soto Banyumas yang Rasanya Endull Mantull!

Sroto Sokaraja adalah salah satu makanan khas dari Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari ketupat, kerupuk, tempe mendoan, dan sambal kacang. Kuah sroto Sokaraja memiliki rasa gurih dan sedikit pedas, sehingga memberikan sensasi rasa yang nikmat pada makanan.

Sroto sokaraja di kenal sebagai soto di kawasan Banyumas, Purwokerto, dan sekitarnya. Nama “sroto” di gunakan karena mayoritas penduduk Banyumas lebih sering menyebut soto dengan sebutan “sroto”.

“Sokaraja” merupakan nama asal dari daerah asal hidangan berkuah ini, yaitu Sokaraja di Banyumas. Di daerah tersebut, kamu dengan mudah menemukan berbagai kedai sroto sokaraja yang lezat.

Baca Juga:Sekali Hap Langsung Kenyang Sekeluarga, Inilah Mendoan Banyumas Raksasa!Auto Cuan dengan Main Game Penghasil Uang DANA! Download Game-nya Sekarang

Proses pembuatan Sroto Sokaraja hampir serupa dengan soto umumnya. Kuahnya terbuat dari kaldu daging sapi sandung lamur yang di masak dengan bumbu istimewa sehingga memberikan rasa yang unik. Selain itu, kuah pada Sroto Sokaraja cenderung lebih jernih dan berwarna kekuningan.

Biasanya hidangan soto yang satu ini memakai ayam kampung sebagai isian. Namun kini sudah banyak penjual soto Sokaraja yang menambahkan pilihan daging sapi dan jeroan untuk menyesuaikan dengan selera pelanggan.

Satu porsi soto Sokaraja biasanya terdiri dari ketupat yang telah dipotong kecil-kecil, taoge yang telah di rebus, suwiran ayam atau potongan daging, taburan daun bawang dan bawang goreng. Kemudian di siram dengan kuah kaldu kuning yang kaya akan rempah seperti soto pada umumnya.

Keunikan Sroto Sokraja

Yang membuatnya berbeda adalah adanya tambahan bumbu kacang yang menambah cita rasa gurih dari sajian tersebut. Kamu bisa memilih bumbu kacangnya ingin di campur atau di pisah sesuai dengan selera kamu.

Umumnya, bumbu kacang yang di berikan pada soto Sokaraja tidak memiliki rasa pedas. Bagi kamu yang menyukai sensasi pedas, dapat menambahkan sambal soto pada hidangan tersebut.

Ada hal menarik lain dari sroto sokaraja yang patut dicatat, yaitu kerupuk dengan warna merah atau bahkan berwarna-warni yang disajikan di atasnya. Jenis kerupuk ini dinamakan cantir dan dibuat dari bahan baku ubi kayu atau singkong.

Umumnya, kerupuk cantir ini dihancurkan dan ditebarkan di atas sroto. Selain kerupuk, terdapat juga taburan kacang kedelai goreng di atas soto khas Banyumas ini yang tak kalah lezat.

Baca Juga:Rekomendasi Drakor Komedi Romantis yang Hits dan PopulerNostalgia, Intip Spesifikasi Hp Generasi 2000an Nokia N70

Soto Sokraja Banyumas menjadi salah satu makanan yang dapat menjadi alternatif sehat bagi mereka yang ingin menikmati makanan yang lezat dan sehat. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan rasa yang nikmat, soto Banyumas menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

0 Komentar