Ini 4 Menu Andalan Kuliner Lebaran Khas Jogja yang Enak Banget!

Ini 4 Menu Andalan Kuliner Lebaran Khas Jogja yang Enak Banget!
foto: (SHUTTERSTOCK/ Isthi Rahayu)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Di setiap daerah yang ada di Indonesia, mempunyai kuliner lebaran yang berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing, termasuk Jogja.

Di Jogja, banyak sekali berbagai macam kuliner tradisional dan kuliner khas untuk lebaran. Berikut 4 kuliner lebaran khas Jogja.

Opor Ayam

Hidangan Opor Ayam Jawa ternyata menjadi salah satu makanan wajib yang wajib di berikan saat Lebaran di Yogyakarta, sama halnya di Jakarta.

Baca Juga:Resep Opor Ayam Tanpa Santan, Cocok Untuk yang Sedang Diet!Simak Harga Hp Mirip iPhone 13 Dari Termurah Hingga Termahal!

Opor ayam yang di sajikan di sini adalah opor ayam asli Jawa Tengah yang terkenal dengan tekstur santannya yang kental dan konsistensinya yang meningkatkan cita rasa.

Ketupat Glabed

di Jawa Tengah merupakan menu olahan ketupat yang terkenal. Ketupat berlapis menggunakan beras sebagai komponen utamanya, sama seperti ketupat konvensional.

Tapi saus “ngglabed”, yaitu saus kuning yang kaya, di sajikan di samping ketupat Glabed ini. Hidangan ketupat ini cocok di padukan dengan sambal pedas, kerupuk, sate ayam atau kerang, tempe goreng, dan sambal sate.

Serundeng Sapi

Di beberapa daerah lain, serundeng biasanya dibuant dengan parutan kelapa. Namun, berbeda dengan serundeng khas Jawa, karena di buat dengan daging sapi.

Lepet

Hidangan khas Jawa Tengah yang populer ini terbuat dari nasi ketan yang di kukus dan di bungkus dengan daun kelapa.

Lepet di tawarkan sebagai makanan jajanan khas saat Lebaran karena memiliki cita rasa gurih yang nikmat.***

0 Komentar