4 Objek Wisata Cirebon yang Punya Nilai Sejarah Tinggi

4 Objek Wisata Cirebon yang Punya Nilai Sejarah Tinggi
foto: tempatwisata.pro
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tahukah kalian bahwa Cirebon mempunyai berbagai objek wisata yang menarik untuk kalian kunjungi. Objek wisata Cirebon juga tak kalah seru dengan Bandung, Jogja dan daerah lainnya.

Tak hanya objek wisata alam dan pemandian (kolam renang), Cirebon juga terkenal dengan beberapa objek wisata bersejarah, apa sajakah itu? Yuk simak di sini.

Obyek wisata purbakala ini luasnya sekitar 25 hektar dan dikelilingi pagar bata merah. Banyak peninggalan kuno dapat di temukan di seluruh istana.

Baca Juga:Kereeenn! Intip Spesifikasi Nokia N76 yang Punya RAM 96 GB!Apa itu Nasi Megono?

Awalnya keraton ini di kenal dengan nama Dalem Agung Pakungwati yang merupakan nama perempuan. Sebuah penghalang bata di dirikan semalam dengan kapur sirih, nira, dan putih telur, menurut legenda.

Istana ini menampung kendaraan emas singa barong. Kereta yang luar biasa ini merupakan gabungan dari tiga karakteristik agama besar.

Selain itu, di kompleks istana terdapat tujuh mata air. Air sumur ini sering digunakan untuk upacara tujuh bulanan, perjodohan,

penyembuhan penyakit, dan pembangunan rumah. Pohon soka yang telah hidup selama ratusan tahun dapat di lihat di pekarangan kerajaan.

Keraton Kanoman

Pangeran Kertawijaya membangun istana ini. Sultan Anom I, sapaan akrab sang pangeran, adalah salah satu saksi sejarah berdirinya agama Islam di Cirebon.

Keraton ini hanya berjarak kurang lebih 600 meter dari keraton Kesepuhan. Sunan Gunung Jati telah meninggalkan kereta api, khususnya kereta api Paksi Naga Liman dan Jempana.

Alun-alun di depan keraton dulunya berfungsi sebagai tempat berkumpulnya penduduk dengan Sultan Amon. Istana ini tak jauh dari Kejaksaan Kota Cirebon yang terletak di Jl. Winaon di desa Lemah Wungluk, desa Konaman.

Baca Juga:Jernih! Download Wallpaper Anime One Piece HD Di Sini!Kena Prank! Ini Jajanan Lebaran Kalengan yang Sering Dijumpai Saat Hari Raya

Danau Setupatok

Danau terbesar di kota Cirebon ini biasa di sebut dengan Danau Toba. Tempat wisata ini cukup populer, terutama di akhir pekan.

Pengunjung dapat memancing atau sekedar bersantai sambil matahari terbenam. Banyak tamu yang menantikan untuk melihat matahari terbenam di danau ini karena sangat indah.

Perahu motor dapat di sewa di danau. Saat berlayar di danau dengan perahu motor, Anda bisa mengajak teman atau keluarga. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk pergi ke danau yang terletak di kawasan Mundu.

Taman Sari Goa Sunyaragi

Kompleks candi peninggalan kesultanan Cirebon ini sangat memukau. Ada kepercayaan masyarakat bahwa perawan yang belum menemukan pasangan di larang menyentuh patung Perawan Sunti.

Menurut legenda, melanggar aturan makan perawan membuat pasangan semakin sulit di temukan. Jika Anda tidak sengaja tersentuh, Anda bisa menghindarinya dengan memasuki Gua Kelangenan

Masyarakat tertarik dengan Gua Kelangenan karena di katakan mendorong pencocokan. Kompleks budaya ini sering di manfaatkan untuk pertunjukan seni budaya.

Biaya masuk untuk perjalanan budaya ini cukup murah, dan layanan pemandu juga tersedia jika di perlukan.***

0 Komentar