Ikon Budaya Cirebon, Segini Harga Batik Trusmi Cirebon

harga batik trusmi cirebon
harga batik trusmi cirebon. Foto; pergidulu
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Budaya, terbentuk atas beragam cerita dan sejarah, dan budaya, termanfestasi jadi ragam bentuk, salah satunya harga Batik Trusmi Cirebon.

Selain itu, harga batik Trusmi Cirebon juga termasuk khas dan bahkan corak dari batik ini bisa di sebut sebagai ikon budaya Cirebon.

Melansir Disparbud Jawa Barat, Batik Trusmi merupakan salah satu batik terkenal di Indonesia. Pusat kerajinan ini dapat kalian temui jika berkunjung ke kawasan Cirebon.

Baca Juga:Layaknya Bajaj! Inilah City Car 250cc Roda 3 yang Punya Desain Futuristik, Harga Rp. 20 – 30 JutaanRekomendasi Hotel Depok Dekat UI, Fasilitas Lengkap Tidur Nyaman

Secara umum, ciri khas Batik Trusmi di bagi ke dalam dua jenis.

Motif pertama yaitu motif keratonan yang di ambil dari ornamen-ornamen keraton, baik dari unsur bangunan maupun benda-benda yang ada di sekitar keraton.

Motif lainnya adalah motif pesisiran yang menampilkan flora dan fauna, baik dari darat maupun laut serta memilih warna-warna cerah.

Menurut sejarahnya, Batik Trusmi pertama kali di kenal dari sebuah cerita rakyat pada abad ke-14 di mana ada satu daerah di yang memiliki banyak tumbuhan.

Warga sekitar sering menebangnya, namun tumbuhan itu selalu tumbuh kembali sehingga daerah tersebut di namakan Desa Trusmi yang berasal dari kata “terus bersemi”. 

Awal mula Batik Trusmi berasal dari Ki Buyut Trusmi yang mengajari keterampilan membatik kepada penduduk Cirebon.

Kemudian, Sultan Keraton Cirebon memerintahkan warga dari Trusmi untuk membuat batik dan keterampilan tersebut terus berkembang hingga menjadi salah satu ikon dari kawasan Cirebon.

Harga Batik Trusmi

Untuk harga Batik Trusmi Cirebon, termasuk variatif sesuai dengan model dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Baca Juga:The Best Electric City Car Wuling Air EV, Pertama Dijual di Indonesia, Paling Murah!Rekomendasi Laman Website Penerjemah Selain Google Translate ID, Gampang dan Patut Dicoba

Yang paling murah bisa di dapatkan mulai dari harga Rp. 50 ribu, hingga ratusan ribu tergantung model dan tipe yang ingin kamu beli.

0 Komentar