Mari Cek, Apakah Smart TV Perlu Set Top Box? Ini Jawabannya

Mari Cek, Apakah Smart TV Perlu Set Top Box? Ini Jawabannya
apakah smart tv butuh set top box (foto : tablotv.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dengan peralihan dari televisi analog, mungkin akan membuat sebagian orang mempertanyakan “apakah smart TV perlu set top box?”

Peralihan dari televisi analog tersebut memang sudah mulai di berlakukan untuk beberapa wilayah semenjak tahun 2022.

Dengan adanya peralihan, maka masyarakat kini mulai menikmati siaran digital sebagai gantinya. Untuk menikmati siaran tersebut, maka masyarakat perlu menggunakan sebuah alat yang bernama set top box.

Baca Juga:Ruang Keluargamu Makin Ciamik dengan Smart TV 32 Inch Terbaik 2022, Berikut Harga dan SpeknyaJadi C Series Pertama dengan Kamera Besar, Intip Spesifikasi Nokia C32 Beserta Harga

Alat tersebut merupakan untuk mengonversi sinyal digital agar di cerna menjadi sebuah bentuk gambar dan suara.

Untuk bisa menggunakannya, alat tersebut bisa di dapatkan di berbagai marketplace dengan harga yang beragam tergantung dari merek yang menjualnya.

Lalu, Bagaimana dengan Smart TV? Apakah Smart TV Perlu Set Top Box?

Bisa iya, bisa tidak, tergantung apakah perangkat tersebut telah mendukung siaran digital atau belum.

Untuk dapat menangkap siaran tersebut tanpa bantuan set top box, maka harus terdapat fitur DVB-T2.

Kamu bisa mengetahui ada atau tidak fitur tersebut dalam televisimu, dengan cara cek menu yang ada pada smart TV-mu.

Biasanya akan ada menu yang memberitahukan bahwa di wilayahmu ada sinyal untuk menangkap siaran digital.

Melansir dari siarandigital.kominfo.go.id, terdapat cara mengetahui sinyal tersebut ada atau tidak di wilayahmu yaitu dengan mengunduh aplikasi sinyalTVdigital melalui Google Play atau App Store.

Baca Juga:Hayu, Mampir Bandung Mah ke Tempat Wisata Cimahi Terbaru dan Terhits Dulu AtuhGak Pakai Mahal! Ada Nih Mobil City Car Murah di Bawah 100 Juta

Setelah itu, aplikasi akan meminta akses wilayah untuk mengecek sinyal. Jika sinyal bagus, akan di tandai dengan warna merah.

Lalu jika sinyal sedang, maka akan di tandai dengan warna hijau dan kuning. Sementara untuk sinyal buruk, maka akan di tandai dengan warna biru.

Jika tidak menemukan menu tersebut atau bingung, bisa juga bertanya pada penjual yang menjual televisimu untuk mengetahuinya.

Setelah cara di atas di lakukan dan ternyata televisimu belum mendukung siaran digital, maka kamu harus menggunakan set top box atau STB.

Cara Memilih Set Top Box atau STB

Setelah menjawab pertanyaan “apakah smart TV perlu set top box” maka kini kita akan membahas cara memilih set top box atau STB.

STB kini telah hadir dengan berbagai merek serta model/tipe. Namun kamu tidak perlu bingung untuk memilih mana yang cocok untukmu.

Ada beberapa pilihan merek yang bisa kamu pilih misalnya dari Advan, Akari, Aldo, CBM, Evercross, Evinix, finito dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai merek, kategori, model dan tempat pembeliannya, kamu bisa mengecek link berikut ini siarandigital.kominfo.go.id.

0 Komentar