Film Sineas Brebes Tayang Pertama Di Bioskop

0 Komentar

Film ‘Mbutik’ karya Sineas asal Kabupaten Brebes. Rizal Wimba, diputar perdana atau gala primere di sebuah bioskop di Kota Tegal. Film yang banyak mendapat penghargaan internasional ini, mendapat apresiasi dari banyak pihak, baik dari Sineas serta pejabat Pemkab Brebes.

Penghargaan yang pernah diterima antara lain 4th Dimensions Independent Film Festival, Lensfame International Film Festival, Swedish International Film Festival, dan pemenang film feature di India. Nantinya, film Mbutik akan ditayangkan untuk masyarakat luas di CGV Transmart, Kota Tegal, pada Kamis 1 Juni 2023, besok.

Film berdurasi 90 menit ini, merupakan film yang memotret kehidupan para petani bawang merah di Kabupaten Brebes, kata Mbutik sendiri merupakan sebutan bagi perempuan 

Baca Juga:Turnamen Sepakbola U12 Di Kecamatan GegesikBupati Lepas Pemberangkatan Jamaah Haji Asal Kab. Cirebon

yang bekerja menyortir bawang merah setelah dipanen dan dijemur, atau sebelum dipasarkan.

Film Mbutik yang disutradarai Rizal Wimba ini, berawal dari kegelisahan, dan kenangannya tentang era kejayaan bawang merah, di Kabupaten Brebes, yang memang merupakan sentral penghasil bawang merah di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Caridah, menonton usai gala primere, menyampaikan, jika film Mbutik ini adalah film yang menggali potensi tentang kearifan lokal di Kabupaten Brebes.

Caridah menyebut, bawang merah merupakan ikonnya Kabupaten Brebes, selain telor asin. Film ini juga sangat sesuai dengan penguatan profil pelajar pancasila atau merdeka belajar.

Nantinya, akan ada road show di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Brebes, yang merupakan perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat, untuk lebih mengenalkan film Mbutik.

0 Komentar