“Kamu Neanyeak?” Cara Untuk Mengetahui TV Digital atau Analog? Baca Yuk!

cara mengetahui tv digital atau analog
cara mengetahui tv digital atau analog/Unsplash – Jens Kreuter
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pemerintah tidak memiliki transmisi TV analog (Analog Switch Off/ASO). Tapi bagaimana Anda tahu sebelumnya apakah TV Anda digital atau analog? Bagi Anda yang ternyata TV Anda hanya bisa menerima siaran TV analog, Anda bisa memasang set-top box (STB) untuk kemudian menerima siaran TV digital.  Berikut adalah cara untuk mengetahui Tv Digital dan Analog. Simak sampai habis!

Yang Harus Kamu Tahu!

STB adalah alat yang mengubah sinyal digital yang dipancarkan oleh stasiun televisi menjadi gambar dan suara yang ditampilkan di televisi dengan menggunakan alat tersebut. Keunggulan televisi digital dibandingkan televisi analog adalah transmisi ini dapat memberikan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih jernih.

Jenis transmisi ini tidak bergantung pada cuaca, berbeda dengan televisi analog yang sangat rawan gangguan pada cuaca buruk. Bahkan, Indonesia juga tertinggal dari negara lain yang lebih dulu menggunakan transmisi jenis ini. Pertama-tama, sebelum membeli kotak, konfirmasikan jenis TV Anda alih-alih menghabiskan 150.000-300.000 rubel tanpa biaya. Tentu ada cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki TV digital atau analog menggunakan panduan di bawah ini. 

Baca Juga:Saudara Tiri Iri! Kamu Bawa Mobil City Car 2021 Yang Sudah Turun HargaTV Kamu Banyak Semutnya? Yuk Beralih Ke Smart TV Harga 1 Jutaan

Cara Untuk Mengetahui TV Digital atau Analog

Cara termudah untuk mengetahui apakah TV Anda digital atau analog adalah dengan memeriksa label di bagian belakang TV. Saluran dapat bervariasi menurut merek, tetapi biasanya TV yang mendukung penyiaran digital akan memiliki label yang bertuliskan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Built-in Digital Tuner, Integrated Digital Tuner, atau Digital Tuner.

Jika ada tulisan seperti itu, berarti TV tersebut sudah mendukung transmisi digital. Jika Anda tidak dapat menemukan stiker tersebut, Anda dapat mencari informasi secara online atau manual di spesifikasi TV. Dalam data teknis TV yang mendukung siaran TV digital biasanya terdapat DVB-T2.

Cara mengetahui televisi digital atau analog Anda selanjutnya adalah dengan mencoba membuka siaran digitalnya. Siaran digital biasanya memiliki sub-channel seperti Channel A-1 dan Channel A-2. Misalnya, TVRI memiliki beberapa sub-channel: TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya dan TVRI Sport HD. Jika Anda menemukan sub-saluran seperti itu, berarti TV tersebut sudah mendukung siaran digital. 

Itulah informasi terkait cara mengetahui tv digital atau analog buat kamu. Semoga membantu.

0 Komentar