Perbedaan Smart TV dan Android TV, Jangan Salah Beli

Perbedaan Smart TV dan Android TV, Jangan Salah Beli
tampilan dari smart tv dan android tv/foto:inet.detik.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Berencana membeli televisi baru untuk di rumah? Simak 7 perbedaan Android TV dengan Smart TV agar tidak salah beli.Tidak di pungkiri, memahami perbedaan antara Smart dan Android TV bisa sangat membingungkan. Sebab keduanya sangatlah mirip.

Kita dapat mengatakan bahwa Android TV pada dasarnya adalah sejenis Smart TV. Namun, ada sedikit perbedaan yang bisa membuat satu lebih cocok dari yang lain untuk ditempatkan di rumah.

Keduanya sangat mirip, Anda bahkan dapat mengatakan bahwa Android TV pada dasarnya adalah sejenis Smart TV. Namun, ada sedikit perbedaan yang bisa membuat satu lebih cocok dari yang lain untuk rumah Anda.

Baca Juga:HP Oppo A55 Harga Murah Tapi BerkualitasUpdate Harga Glamping Ciwidey Bandung. Daftar Tarif dan Fasilitas!

Apa itu Smart TV?Bisa di sebut TV internet, Smart TV menghadirkan fitur eksklusif dan program tambahan melalui konektivitas internet. Kamu dapat menyambungkan Smart TV ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet untuk mengakses konten online.

Smart TV hadir dengan sistem operasi yang mirip dengan yang Anda gunakan di Smartphone dan PC. Sebagian besar Smart TV di lengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya yang memungkinkan Anda bermain game, menonton video, dan streaming film.

Apa itu Android TV?Android TV adalah jenis Smart TV yang memiliki fitur serupa seperti aplikasi bawaan dan konektivitas internet. Perangkat ini berjalan pada sistem operasi Android yang di buat oleh Google.

Android TV memiliki akses ke Google Play Store, sehingga dapat mengunduh dan memperbarui versi aplikasi terbaru. Sebagai bonus tambahan, banyak TV Android menawarkan akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk pengalaman TV yang lebih baik.

7 Perbedaan Android TV dengan Smart TV?

1. Sistem Operasi

Perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV adalah sistem operasinya. Smart TV di tenagai oleh sistem operasi yang berbeda tergantung pada merek yang Anda pilih. Misalnya, LG menggunakan OS bernama WebOS, sedangkan Samsung Smart TV hadir dengan OS bernama Tizen.

Sebaliknya, TV Android berjalan di sistem operasi Android yang di kembangkan oleh Google. Ini memberi Anda pengalaman keseluruhan yang lebih baik karena Anda dapat dengan mudah mengontrol TV Android Anda dengan Smartphone Android atau Smartwatch.

2. Dukungan aplikasi

Smart TV vs Android TV, mana yang lebih baik dalam hal ketersediaan aplikasi? Android TV akan menjadi pemenangnya.

Baca Juga:Rekomendasi Motor Listrik Roda Tiga Terbaik & Termurah 2023HEBOH! City Car Mini 250 CC Harganya Rp 20 Jutaan Setara Harga Sepeda Motor, Wajib Pinang Guys

Meskipun keduanya mendukung banyak aplikasi bawaan, berkat dukungan Play Store di TV Android, Anda memiliki j6.000 aplikasi, mulai dari YouTube, Netflix, Disney Hotstar, Prime Video dan lainnya.

Smart TV tidak memiliki keunggulan ini karena hanya menawarkan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Belum lagi, pembaruan aplikasi di Smart TV sulit di dapat, sehingga beberapa aplikasi tidak mendukung.

3. Update

Android TV tidak hanya menawarkan koleksi aplikasi yang lebih besar, tetapi juga memenangkan pertarungan antara Android vs Smart TV dalam firmware dan pembaruan aplikasi. Biasanya, TV Android punya pengembangan teknologi aktif, dan rajin menghadirkan pembaruan.

Selain itu, saat terkoneksi dengan internet, Anda juga bisa menikmati update otomatis. Sedangkan banyak Smart TV sebaliknya tidak begitu sering mendapatkan pembaruan, dan OS TV menjadi usang setelah beberapa tahun.

4. Asisten suara

Perbedaan mencolok lainnya antara Android dan Smart TV adalah fitur asisten suara. Asisten suara Google bawaan Android TV membuatnya menonjol dari pesaingnya.

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menggunakan perangkat input karena dapat beralih antar saluran dan mencari konten favorit secara online dengan kontrol suara.

Memang banyak Smart TV juga mendukung kontrol suara, namun kemampuannya tidak sehebat Google Assistant.

0 Komentar