Udah Tau Belum Sama Kampung Cai Rancaupas Ciwidey Bandung? Segera Ke Sini Kalau Mau Liburan, Fasilitas Lengkap Ada ‘Rusa’

Ilustrasi Loket Tiket Masuk Rancaupas Ciwidey
Ilustrasi Loket Tiket Masuk Rancaupas Ciwidey, Bandung. Foto: jetrani
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berwisata ke Bandung, tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Kampung Cai Rancaupas Ciwidey

Kampung Cai Rancaupas Ciwidey, bukanlah sebuah kampung biasa, melainkan ia adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang estetik.

Mulai dari wisata bumi perkemahan, wisata air, bahkan wisata hewan, di mana di Ranca Upas ini menampung pula puluhan rusa yang jinak.

Baca Juga:Meski Kecil Tetap PD, Ketahui Smart City Car Harga dan Spesifikasi Unggulnya Punya GoogleAlasan Kenapa Smart Car Brand Meredup, “Kalah Saing” dengan City Car?

Lalu, ada apa saja di Rancaupas Ciwidey? Berapa tiket masuknya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Wisata Ranca Upas

Bandung menjadi salah satu kota yang punya beragam destinasi wisata yang menarik. Baik dari wisata sejarah, wisata religi, wisata edukasi, wisata alam, hingga wisata kulinernya yang bisa anda nikmati.

Salah satu tempat yang tergolong wisata alam ialah Kampung Rancaupas Ciwidey. Kampung ini berada di sebuah wilayah yang sejuk, serta menawarkan banyak keindahan yang bisa kamu nikmati.

Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. Km. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa cek lokasinya di sini.

Ada berbagai hal menarik dan asik yang bisa kamu dapatkan di kampung Cai Ranca Upas Bandung ini.

Asal usul Ranca Upas sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu Ranca dan Upas. Ranca berarti rawa, sedangkan Upas ialah nama dari seorang petugas perum perhutani yang sudah melegenda di kawasan Gunung Patuha.

Kabarnya, Upas adalah seorang pria berkebangsaan belanda yang memiliki tinggi 198 cm, memiliki tubuh kekar. Ia meninggal saat menjalankan tugas yaitu mengeksplorasi daerah rawa, Konon katanya sampai saat ini jasadnya, hingga saat ini belum di temukan.

Baca Juga:Performa Jagoan, Layar Super Lebar! Oppo A54 RAM 6 GB Cocok Buat Kamu Si Paling JagoMasih TRENDING Sampai Sekarang! Ini Dia Wisata Ciwidey 2020 yang Cocok Dikunjungi Bareng Pas Weekend

Daya Tarik Ranca Upas

Nah, selain banyak pengunjung dari wisatawan lokal, tempat ini juga ramai di kunjungi wisatawan mancanegara.

Kawasan Ranca Upas berada di ketinggian 1700 mdpl, sehingga kawasan ini merupakan daerah yang cukup indah dan bisa mencapai suhu dingin sebesar 17 derajat. Brrr.

Cuaca dan suasana seperti ini sangat cocok untuk mengusir penat dan segala letih selepas kegiatan padat kamu.

Kawasan ini berdekatan dengan perkebunan teh dan hutan alami. Bukan hanya sekadar wisata biasa, tempat ini menawarkan pula areal camping di lahan yang luas.

Kawasan ini di sebut, smart camp ranca upas adventur. Di mana kawasan ini adalah areal camping yang bisa menampung 10.000 orang.

Camping di tempat ini begitu menyenangkan dan sejuk sebab suhunya yang begitu dingin. Oiya, jangan lupa bawa perbekalan, ya.

Selain itu, tempat ini juga di kenal sebagai tempat penangkaran rusa, ternyata. Ada cerita menarik tentang rusa-rusa ini. Di mana, rusa ini termasuk rusa yang pemalu.

Nah, jika kamu melihat rusa-rusa itu mereka akan pergi. Tetapi, uniknya di antara para petugas yang ada, hanya ada satu orang juru kunci yang mampu memanggil rusa-rusa ini untuk makan. Keren!

Bukan Cuma itu, kamu juga bisa menikmati wahan air yang tersedia di sini. Di antaranya pemandian air panas, dan waterboom buat bikin bakan jadi makin rileks.

Ada juga, nih, outbond buat kamu yang suka tantangan dan petualangan menarik. Di sini juga tersedia lo.

Rute, Harga dan Jam Buka

Nah, buat kamu yang bingung harus ke sana naik apa, kamu bisa menggunakan transportasi umum ke ranca upas.

Buat kamu yang menggunakan kereta api bisa turun di Stasiun Bandung. Kemudian, naik angkot menuju ke Terminal Leuwipanjang. Terminal ini menjadi titik poin menuju ke Ranca Upas.

Nah, dari Terminal Leuwipanjang kamu bisa lanjut naik angkutan umum (elf atau bus kecil) menuju ke Terminal Ciwidey. Dari Teminal Ciwidey, kamu tinggal menggunakan angkot menuju ke Ranca Upas.

Untuk jam buka sendiri, di sini open everytime, everyday, alias buka tiap hari selama 24 jam! Mantap, bukan?

Untuk harga tiket masuk sendiri, ada beberapa jenis. Berikut selengkapnya.

  • Harga tiket masuk : Rp 20.000/orang
  • Parkir motor : Rp 5000
  • Parkir mobil : Rp 10.000
  • Penitipan helm : Rp 2500/helm
  • Tiket masuk kolam renang : Rp 20.000/orang
  • Wortel 1 ikat (pakan rusa) : Rp 10.000
  • Kangkung 1 ikat (pakan rusa) : Rp 5000

Tiket di atas berlaku jika kamu hanya berkunjung saja, dan ingin menikmati alamnya seharian.

Berbeda lagi jika kamu ingin menikmati wahana lainnya yang tersedia di sini, ada biaya tambahan.

  • Sepeda Gunung : Rp 10 ribu / Jam
  • Paint Ball : Rp 90 ribu
  • Jembatan Goyang : Rp 15 ribu
  • Fun Game : Rp 75 ribu
  • Burma V : Rp 15 Ribu
  • Elvis Bridge : Rp 15 Ribu
  • Flying Fox : Rp 15 Ribu
  • Bunge Trampolin : Rp 15 Ribu

Menarik berlibur ke ranca upas sana? Segera siapkan waktunya dan budgetnya, ya sobatradars

0 Komentar