5 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Cara Membedakan Madu Asli & Palsu!

5 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Cara Membedakan Madu Asli & Palsu!
Manfaat Madu/ foto: ilustrasi (biomedisiana.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Madu terkenal dengan rasanya yang manis dan beberapa manfaat kesehatan. Hal ini karena madu memiliki nilai gizi yang tinggi dan dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit sejak zaman dahulu.

Mengkonsumsi madu, bagaimanapun, memiliki batasannya. karena jika di konsumsi secara berlebihan, madu juga memiliki efek samping yang berbahaya.

Namun, apakah kalian tau cara membedakan mana madu yang asli dan palsu? Yuk simak dan baca terus artikel ini sampai habis ya?

Baca Juga:Kendaraan Kota Jaman Now! Ini Nih, Si Kecil Mobil Wuling Air Ev, Harganya Mulai 70 Jutaan Aja!Tahan Benturan! Ini Dia, 3 Mobil Remot Control Murah Kualitas Terbaik!

Madu tidak dapat di identifikasi tanpa terlebih dahulu memastikan kemurnian produknya, sehingga panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara melakukan tes di rumah dan mengajari Anda mengenali madu asli.

Mengapa madu produksi pabrik tidak sehat untuk Anda?

Madu olahan memiliki semua nutrisi dan karakteristik penting yang di hilangkan selama proses pemrosesan.

Untuk menghindari pelacakan madu berkualitas rendah yang sering di impor secara ilegal dari China atau India yang berasal dari sumber alami, bisnis makanan secara teratur melakukan ultrafilter madu.

Menurut Profesor Vaughn Bryant dari University of Austin di Texas, 75% madu yang dijual di pasaran bebas serbuk sari.

Berikut 3 cara membedakan madu asli dan palsu :

Uji Jempol

Taruh sedikit madu di ibu jari Anda, lalu periksa apakah sudah meleleh, lepas dari ibu jari, atau menempel. Jika itu madu asli, seharusnya tidak meleleh di ibu jari Anda.

Tes Air

Tes satu sendok madu kemudian di tambahkan ke segelas air. Madu asli akan mengendap di dasar gelas sedangkan madu palsu akan cepat larut.

Madu Asli Mudah Terbakar

Bakar batang korek api setelah di celupkan ke dalam madu. Jika madunya asli, batang korek apinya akan menyala tanpa kesulitan, dan apinya akan terus membakar madunya. Batang korek api tidak akan menyala jika madunya palsu karena mengandung kontaminan.

Baca Juga:Bersertifikat Kominfo! Jangan Beli yang Abal-abal! Nih, Harga Set Top Box TV Digital Murah Mulai 100 RibuanYuk Intip! Deretan Harga Mobil Smart Forfour Mulai dari Rp100 Jutaan!

Sedikit madu dapat di campur dengan air dan dua hingga tiga tetes cuka untuk menentukan kemurnian madu. Madu itu palsu jika campurannya mulai berbusa.

Berikut 5 Manfaat Penting Madu Bagi Kesehatan

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dalam tubuh manusia, sel imun di katakan diperkuat oleh zat fitonutrien yang terdapat pada madu. Madu juga dianggap memiliki efek anti jamur dan anti bakteri.

Menangkal Radikal Bebas

Komponen fitonutrien pada madu berpotensi sebagai antioksidan alami selain meningkatkan daya tahan tubuh. Hasilnya, madu dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Menyehatkan Jantung

Jantung yang sehat juga bisa mendapat manfaat dari madu. Ini karena madu mengandung unsur fitonutrien yang meningkatkan aliran darah dan mencegah berkembangnya aterosklerosis.

Menurut beberapa penelitian, madu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menghilangkan lemak dari peredaran darah.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat madu yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Menurut beberapa ahli, madu di sebut sebagai prebiotik karena dapat mendorong perkembangan bakteri menguntungkan di dalam perut.

Membantu Merawat Kesehatan Kulit

Agar kulit tetap sehat dan bercahaya, madu juga bermanfaat untuk menjaga dan merawatnya. Hal ini agar antioksidan madu dapat melawan radikal bebas. Pertimbangkan untuk menggunakan masker madu atau membuatnya sendiri dengan madu.

Itulah, informasi mengenai cara membedakan madu asli dan palsu, serta beberapa manfaat madu. Semoga bermanfaat.***

0 Komentar