Atasi Haid yang Tidak Lancar dengan Jamu Tradisional Menggunakan Bahan-bahan Ini

Atasi Haid yang Tidak Lancar dengan Jamu Tradisional Menggunakan Bahan-bahan Ini
Jamu Tradisional (food.onehowto.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mungkin ada sebagian wanita yang bermasalah dalam haidnya yang tidak lancar. Untuk dapat melancarkan haid, kamu bisa meminum jamu tradisional.

Minuman ini biasanya di buat dari berbagai bahan. Misalnya dari dedaunan, akar-akaran, hingga rimpang-rimpangan. Manfaat yang di dapatkan dari mengonsumsi minuman ini pun konon katanya dapat menghilangkan pegal-pegal tubuh.

Rasanya pun cenderung pahit sehingga agar dapat di nikmati, bisa di tambahkan dengan madu agar rasa pahitnya bisa sedikit berkurang.

Baca Juga:Temanmu Gak Bakal Nyangka Kalau Mobil Sunroof Ini Cuma 150 Jutaan, Bisa Tampil Mewah Tapi Gak Pakai Mahal DehBimbang di Antara Pilihan yang Berat, Antara Mobil Matic vs Manual? Sini, Simak Dulu Kelebihan Masing-masing

Biasanya, minuman ini akan di jual oleh penjual jamu yang akan menjajakan dengan menggunakan gendongan maupun kendaraan motor atau sepeda. Zaman dahulu, penjual jamu akan menggunakan gendongan berupa “bakul” sebagai tempat dari botol-botol jamu yang di jualnya.

Kemudian di gendong dengan menggunakan kain dan bakulnya di letakkan di bagian belakang. Dari bermacam-macam jamu tradisional yang ada, biasanya akan di jajakan jamu untuk pelancar haid. Bahannya pun mudah di dapatkan. Berikut ini macam-macam bahan untuk jamu pelancar haid.

Bahan untuk Jamu Pelancar Haid

– Kunyit

Rimpang dengan warna kuning ini, konon di yakini bisa mempengaruhi kadar estrogen juga progesteron. Kandungan kurkumin yang ada di dalamnya pun juga bisa membantu mengatasi rasa nyeri akibat haid. Untuk membuatnya pun mudah yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok bubuk kunyit sambil di tambahkan pemanis berupa madu atau bisa juga membuat campuran kunyit dengan asam yang akan menghasilkan kunyit asam.

– Jahe

Selain kunyit, ada juga jahe yang bisa di ambil sari atau ekstraknya. Bisa dengan cara di rebus dan di campur dengan pemanis berupa madu agar rasanya lebih nikmat. Ramuan dari jahe juga konon di yakini bisa meredakan nyeri saat menstruasi.

– Kayu Manis

Selain rimpang-rimpangan, ada juga rempah lainnya untuk di buat jamu tradisional yaitu dengan menggunakan kayu manis yang juga dapat membantu untuk melancarkan haid dan dapat mengurangi nyeri. Untuk mengolahnya, bisa mencampurkannya ke dalam air hangat untuk di jadikan minuman berupa teh.

– Kencur

Bahan lainnya yaitu kencur, bisa juga di gunakan untuk melancarkan haid dan mengatasi nyeri. Tak hanya itu, bisa juga untuk mengurangi pegal saat sedang masuk periode menstruasi.

Namun perlu di ketahui, jangan sampai berlebihan untuk mengonsumsinya dan perlu di konsultasikan dengan dokter jika nyeri berlanjut atau hingga tak tertahankan.

0 Komentar