Untuk Para woman cari tahu yuk penyebab kulit tangan kering dan keriput !!simak disini

Untuk Para woman cari tahu yuk penyebab kulit tangan kering dan keriput !!simak disini
Untuk Para woman cari tahu yuk penyebab kulit tangan kering dan keriput !!simak disini
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- kulit tangan kering dan keriput Saat mendengar istilah kulit keriput dan kusam, bagian apakah yang pertama kali terpikirkan oleh Anda? Pasti wajah, kan? Memang, bagian kulit yang paling sering dimanjakan adalah kulit wajah. 

Berbagai jenis skin care mulai dari tabir surya, pelembap, krim pencerah, hingga serum antipenuaan, semuanya Anda gunakan di wajah. Padahal, ada bagian lain yang juga memerlukan perawatan yang sama, yakni tangan. Ya, kulit tangan keriput di usia muda bisa dialami oleh siapa saja. 

Apabila Anda tidak merawat tangan dan kuku, maka kondisi keriput bisa saja terjadi. Cari tahu penyebab tangan keriput dan cara mengatasinya di bawah ini.

Baca Juga:Cari tahu yuk spesifikasi dan harga mobil wuling paling kecilEmang masih ada ya,motor murah 2 jutaan??ada dong ini dia rekomendasinya!

1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) pada kulit dapat menyebabkan terbentuknya keriput di kulit. Sebab, sinar UV dapat memecah serat kolagen dan elastin di kulit.

Serat-serat tersebut berfungsi dalam membentuk jaringan ikat yang menopang kulit. Saat lapisan tersebut rusak, kulit menjadi lebih lemah dan kurang fleksibel. Oleh sebab itu, kulit akan mudah berkerut dan keriput pun terbentuk.

Sinar UV dapat dihasilkan dari sinar alami matahari yang kita dapat saat berjemur atau berolahraga di luar ruangan. Sinar UV juga dapat dihasilkan secara buatan saat kita sengaja menggelapkan kulit di salon kecantikan.

2. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Untuk membayangkan kulit yang mengalami dehidrasi, Anda bisa membandingkannya dengan buah kismis. Buah kismis di buat dari anggur yang sengaja di ambil kadar airnya hingga mengering.

Bayangkan kulit anggur yang tadinya terlihat segar tanpa kerutan begitu di keringkan bentuknya jadi mengkerut dan kisut. Begitu pun dengan kulit, sel-sel kulit dapat tampak keriput ketika kekurangan cairan.

3. Merokok

Nikotin dan bahan kimia lain dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke sel kulit. Akibatnya, struktur kulit dapat rusak dan elastisitas kulit pun ikut terpengaruh.

Ketika elastisitas kulit terganggu, kerutan dan lipatan pada kulit akan dengan mudah terbentuk. Hal ini menyebabkan kulit tampak keriput dan terlihat lebih tua. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa kulit perokok yang berusia 40 tahun terlihat seperti kulit seseorang yang berusia 70 tahun.

Baca Juga:Ingin tahu cara merawat mobil suzuki sunroof ?uk simak di sini !ini loh bapak dan ibu daftar hp murah buat anak dan sanak saudara ya!!

Dalam pengamatan tersebut, paparan rokok berarti dapat membuat kulit mengalami penuaan 30 tahun lebih cepat dari seharusnya.

4. Obat-obatan tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang seperti obat tekanan darah, kolesterol dan antihistamin dapat memicu penuaan dini yang mengarah pada kulit kering dan keriput.

Sedangkan obat kortikosteroid oral maupun topikal dapat mengurangi kadar kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan membuat pembuluh darah mudah pecah.

Obat-obatan jerawat seperti accutane bekerja dengan mengurangi produksi minyak di kulit sehingga dapat menyebabkan kekeringan di seluruh tubuh. Sementara obat antibiotik tertentu dan diuretik dapat menyebabkan fotosensitifitas yang membuat kulit jadi ekstra sensitif terhadap cahaya matahari.

5. kondisi genetik

Beberapa kondisi terkait genetik dapat menyebabkan seseorang mengalami tanda-tanda penuaan seperti kulit menjadi rapuh atau hilangnya kemampuan tubuh untuk menghasilkan kolagen.

Beberapa kelainan genetik yang menyebabkan hal tersebut di antaranya adalah progeria yang juga di kenal dengan nama sindrom Hutchinson-Gilford, sindrom Gottron dan wrinkly skin syndrome.

Di luar konteks kelainan genetik, ada juga fakta bahwa varian gen tertentu berkaitan dengan risiko munculnya keriput pada kulit. Jadi, ketika seseorang memiliki gen tersebut, bisa jadi risiko mereka untuk mengalami keriput menjadi lebih tinggi.

Sebuah studi yang meneliti jenis-jenis gen yang berpengaruh terhadap penuaan kulit mengemukakan bahwa varian gen tersebut adalah gen MMP1 dan STXBP5L.

6. Gaya hidup

Sejumlah kebiasaan yang di jalani seseorang dapat berkontribusi pada seberapa cepat tubuh menunjukkan tanda-tanda penuaan, termasuk pada kulit tangan. Hal itu termasuk:

  • Pola tidur yang buruk akan memengaruhi kemampuan sel kulit untuk beregenerasi. satu studi telah menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk berkaitan dengan peningkatan tanda-tanda penuaan dan fungsi kulit yang berkurang.
  • Pola makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan dapat merusak kulit.
  • Alkohol dan kafein. Asupan alkohol dan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang mengacu pada munculnya keriput di kulit.
  • Gaya hidup yang penuh tekanan dapat memicu respons peradangan di tubuh serta merusak kebiasaan tidur. Hormon stres dan peradangan dapat memicu tubuh menua lebih cepat.

7. Lingkungan

Bintik-bintik penuaan, kerutan dan keriput di kulit dapat di picu atau di perburuk oleh polutan yang berasal dari lingkungan

. Orang-orang yang tinggal di lingkungan dengan polusi tinggi lebih rawan untuk mengembangkan keriput di kulit.

Nah temen temen semu itu dia berapa penyebab yang menyebabkan kulit tangan kering dan keriput jaid cukup kenali dan sadari ya teman teman.

0 Komentar