Menanam Hindroponik: Pengertian, Manfaat, Cara menanam tanpa Media Tanah

Menanam Hindroponik: Pengertian, Manfaat, Cara menanam tanpa Media Tanah
tanaman hindroponik/foto:https://www.kompas.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Hidroponik adalah salah satu teknik penanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Sebagai ganti dari media tanamnya, teknik hidroponik menggunakan air.

Metode ini tidak menggunakan media tanam tanah namun diganti dengan menggunakan media air yang mengandung nutrisi serta mineral tertentu untuk menjadi media tanam. Menanam dengan teknik hidroponik adalah cara yang ramah lingkungan karena prosesnya menggunakan bahan-bahan alam dan tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Karena prosesnya yang organik, maka sayur dan buah hasil budidaya hidroponik cenderung lebih sehat.

Manfaat Hidroponik

Teknik hidroponik memberikan banyak sekali manfaat, baik bagi tanamannya maupun bagi orang yang merawatnya. Di rangkum dari buku Hidroponik: Strategi Menanam di Lahan yang Sempit, berikut ini adalah manfaat hidroponik:

Baca Juga:Tak Perlu Khawatir KIni Hadir HP Murah Dengan RAM Besar 4GB Pilihan Buat KalianDeretan Mobil Kecil Murah Second Performa Baru Dengan Kualitas Unggulan

1. Bebas Hama

Menanam di lahan yang luas memiliki kemungkinan akan terserang hama dan penyakit yang berasal dari media tanah yang digunakan dalam menanam. Dengan menggunakan sistem hidroponik, tentu kamu tidak perlu menggunakan tanah sehingga akan terbebas dari hama. Hal ini tentu akan membuat proses pertumbuhan lebih optimal.

2. Memaksimalkan Ruang

Manfaat hidroponik yang selanjutnya adalah dengan memaksimalkan ruang karena tidak membutuhkan ruang yang luas. Kamu bisa memanfaatkan beberapa tempat seperti teras rumah atau balkon untuk melakukannya.

3. Hemat Air

Cara ini juga akan membuat penggunaan air untuk perkembangan tanaman menjadi lebih sedikit. Tanaman hidroponik bisa tumbuh dengan air yang lebih sedikit jika di bandingkan dengan cara menanam tradisional.

4. Lebih Cepat Panen

Ketika menanam menggunakan metode hidroponik, kamu bisa mengatur panas, cahaya matahari, dan hidrasi yang di butuhkan tanaman. Metode ini juga membuat nutrisi lebih mudah tersedia dan diserap oleh tanaman sehingga proses pertumbuhannya lebih cepat.

5. Mengurangi Penggunaan Pestisida

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya bahwa metode ini akan menghindarkan tanaman dari hama sehingga kamu bisa menghindari penggunaan pestisida. Dengan begitu, tanaman yang di hasilkan pun lebih organik dan tentunya lebih sehat.

0 Komentar