Kuningan Siap Siaga, Simulasi Pemadaman Karhutla

0 Komentar

Kuningan menggelar apel siap siaga bencana kekeringan serta bencana kebakaran hutan dan lahan, apel dilaksanakan di area Kebun Raya Kuningan. Dipimpin Bupati Acep Purnama, para stake holder kebencanaan menggelar simulasi penanganan kebakaran lahan.

Kuningan menggelar apel siap siaga bencana kekeringan serta bencana kebakaran hutan dan lahan, apel dilaksanakan pada Sabtu 15 Juli 2023 di area Kebun Raya Kuningan.

Disela kegiatan ini, Bupati Acep Purnama menyaksikan simulasi, yang dilakukan petugas gabungan, dari stake holder kebencanaan.

Baca Juga:Hapus Tato Bayar SeikhlasnyaSatu Unit Sepeda Motor Terbakar

Dalam simulasi ini petugas dari BPBD, Damkar, TNI Polri, maupun relawan, melakukan pemadaman kebakaran lahan.

Bupati menerangkan pentingnya kolaborasi dan koordinasi antara berbagai pihak, terkait persiapan segala kemungkinan terburuk dalam penanganan karhutla.

Ia menekankan pentingnya mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang telah ada, dan melibatkan semua stakeholder masyarakat di wilayah Kuningan.

Musim kemarau diperkirakan tiba lebih awal dari biasanya. Untuk itu, resiko bencana karhutla menjadi perhatian serius pemerintah.

Termasuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Kebakaran hutan tak hanya disebabkan oleh faktor alam, bencana ini juga bisa terjadi karena faktor manusia.

Sementara itu, kepala BPBD Indra Bayu Permana berharap, apel gabungan kesiapsiagaan karhutla dan kekeringan, menjadi langkah antisipasi yang efektif, dalam menjalin kerjasama, komunikasi, dan memastikan segala sarana yang diperlukan sudah siap digunakan.

0 Komentar