Apakah Set Top Box Perlu Dimatikan? Ini Dia Bahayanya Ketika STB Tidak Dimatikan Ternyata Bisa Meledak: Cari Tahu Cara Mematikan yang Benar

(Tangkapan layar laman situs siarandigital.kominfo.go.id)
(Tangkapan layar laman situs siarandigital.kominfo.go.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Banyak pertanyaan dari yang menanyakan apakah set top box perlu untuk dimatikan? Jawabannya tentu “ya”. Kebutuhan dari set top box ini untuk mendukung tontonan kamu dengan tv digital.

Namun ada hal yang perlu kamu perhatikan saat akan mematikan STB agar tidak meledak, karena sudah banyak kasus set top box meledak saat hendak dimatikan. Biasanya alat ini akan mengalami overheat.

Perlu kamu perhatikan bahwa penyebab meledaknya terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal perangkat seperti installiasi listrik dengan grounding kurang baik atau masalah internal dari perangkat itu sendiri.

Baca Juga:Cocok Untuk Para Usahawan Pemula dengan Deretan Daftar Harga Mobil Pick Up yang Mampu Membawa Banyak Barang Bawaan Harga Mulai Dari 100 Juta AjaLebih Hemat dan Enggak Bikin Kantong Meililit, Berikut Ini Daftar Mobil Irit dan Murah 2018: Ada Honda Civic Juga!

Penyebab Set Top Box Meledak

Sebelum kamu mematikan STB, coba ketahui terlebih dahulu penyebab stb meledak yang terbagi menjadi 4 faktor. Untuk yang pertama yaitu tidak di matikan ketika listrik padam karena keadaan ini membuat berbagai macam barang elektronik yang menempel pada stop kontak menjadi konsleting.

Penyebab lainnya yaitu karena alat dalam posisi berdekatan dengan perangakat elektronik lainnya. Kita ketahui bahwa perangkat elektronik mampu menghantarkan panas.

Di karenakan hal ini dapat mengganggu frekuensi sinyal dan membuat STB cepat mengalami kondisi panas yang nantinya tidak akan awet dan cepat rusak pemakaiannya.

Apabila kamu ingin keadaan STB dan tv baik-baik saja, jangan lupa menghindari penggunaan TV Digital pada saat STB sedang mati atau off, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan bagian dalam STB.

Selain itu juga penyebab lain yang perlu kamu perhatikan adalah kebersihan dari perangkat STB. Jangan sekali-kali membiarkan stb kotor karena debu yang bersarang akan merusaknya secara perlahan.

Cara Mematikan STB yang Baik dan Benar

Bagi kamu yang bertanya-tanya apakah set top box perlu di matika, nah berikut ini cara mematikan stb yang baik dan benar agar tidak meledak. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan “remote”.

  1. Gunakan remote yang tersedia.
  2. Matikan STB melalui remote “Power”.
  3. Kemudian, matikan televisi yang tak akan di gunakan.
  4. Tunggu hingga tampilan LCD menjadi strip.

Cara yang selanjutnya yaitu cabut kabel listrik STB dari stop kontak. Hal ini bisa membuat perangkat awet dan juga hemat listrik. Lakukan dengan cara:

Baca Juga:Cari yang Pasti Bukan yang Penuh Janji dengan Lokasi Tempat Wisata di Bandung Barat Hits Banget Buat Barudak BandungKurang Dari 2 Jutaan Tetap Tampil Menawan, Ini Dia Infinix Hot 10 Spek Enggak Kaleng-Kaleng Cocok Bagi Para Gamers

  1. Lakukan cara ke-1.
  2. Lalu, cabut aliran kabel STB dari stop Kontak.
  3. Jangan lupa untuk cabut juga colokan TV dan doongle Wifi jika ada.

Nah, itu tadi penjelasan apakah set top box harus dimatikan.

0 Komentar