Sudah Tau Belum? 3 Mobil Ini Buatan Indonesia Loh? Cek Faktanya Di Sini!

Sudah Tau Belum? 3 Mobil Ini Buatan Indonesia Loh? Cek Faktanya Di Sini!
Mobil Esemka/ Foto: cekpremi.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ini dia, informasi mengenai beberapa mobil buatan indonesia. Ada apa saja? Baca sampai habis ya?

Meski menjadi salah satu marketplace mobil terbesar di dunia, ternyata tidak ada merek mobil produksi Indonesia yang berumur panjang.

Bahkan, sejumlah merek mobil telah dicoba oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, namun di ragukan kelayakannya.

Baca Juga:Cepat dan Bebas Lag! Intip Spesifikasi Android TV Box B860H yang Pas Buat Anda!Lagi Cari Mobil Pikap Harga Murah? Intip 4 Pilihan Mobil Pikap Terbaik!

Meski belum ada mobil nasional, sektor otomotif Indonesia sukses mengekspor kendaraan dan suku cadangnya ke beberapa negara.

Buktinya, ribuan mobil buatan Indonesia sukses terjual di beberapa negara Timur Tengah. Ilustrasi yang bagus adalah Daihatsu Gran Max. Gran Max yang di produksi di fasilitas Daihatsu di Indonesia semakin populer dari waktu ke waktu.

Esemka

Mobil tersebut merupakan kreasi PT Solo Manufaktur Kreasi, yang pabriknya berlokasi di Solo, Jawa Tengah, dan di beri nama sesuai jenjang sekolah (SMK).

Memang siswa SMK langsung menciptakan mobil ini, yang memulai debutnya pada 2019 lalu. Namun Esemka awalnya menawarkan dua model mobil, yakni Esemka Bima 1.2L dan Bima 1.3L. Harga jual awal Rp 95 juta.

Meski sudah resmi di jual, tampaknya kendaraan ini belum di terima Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Esemka tidak di sebut sebagai mobil nasional sekalipun di buat di Indonesia karena seluruhnya di jalankan oleh swasta.

Esemka mampu membuat 10 SUV dan truk kompak setiap bulannya, dengan kapasitas produksi 12.000 unit per tahun.

Baca Juga:Emang Ada Hp Murah Spek Gaming? Cek Nih, 3 Rekomendasi Hp Murah 2023 yang Punya RAM dan Baterai Besar!Belum Tau Cara Setting Set Top Box di TV Tabung? Simak Ini Caranya!

Kancil

Kendaraan pribadi sekaligus pengganti becak dan bemo yang di gadang-gadang akan kalah dari Kancil atau Kendaraan Niaga Nimble Irit Kecil adalah Kancil. Ini pertama kali muncul pada tahun 1999, dan PT Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari mempromosikannya.

Kira-kira Rp 17 juta, atau harga sepeda motor, adalah harga yang di minta. Kendaraan ini layak untuk digunakan sebagai mobil pribadi.

Timor

Timor produksi PT Timor Putra Nasional merupakan kendaraan nasional yang berhasil di pasarkan dalam jumlah besar.

Mobil ini, juga di kenal sebagai “Teknologi Industri Mobil Rakyat,” adalah versi buatan lokal dari KIA Sephia yang awalnya di luncurkan pada tahun 1996.

Tommy Suharto, putra presiden saat itu, memiliki mayoritas saham PT Timor, yang menawarkan layanan bebas pajak dan bea. Tak di sangka ribuan unit terjual dengan harga yang relatif murah kala itu karena harga jual Timor.

Prakarsa manufaktur mobil ini di maksudkan untuk menyediakan uang awal bagi pertumbuhan sektor otomotif nasional yang di subsidi tinggi.

Namun, proyek ini akhirnya di batalkan sebagai akibat dari penentangan dari sektor otomotif global, krisis keuangan, dan naiknya kekuasaan Presiden Soeharto.

Demikian, informasi mengenai beberapa mobil buatan indonesia.***

0 Komentar