Ingin Beli Mobil di Tahun Ini? Nih 9 Kiat Membeli Mobil Second Cepat dan Anti Gagal, Buruan Lakuin Dari Sekarang Gan!

Kiat Membeli Mobil Second/astra daihatsu yasmin
Kiat Membeli Mobil Second/astra daihatsu yasmin
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Cita-cita untuk membeli mobil pasti di miliki oleh setiap orang di masa kini, ya kan guys?

Namun, untuk mengumpulkan uangnya tersebut terkadang selalu gagal atau selalu ada saja halangannya karena suatu hal.

Atau bisa jadi kamu harus mengetahui beberapa kiat membeli mobil second agar kamu dapat memiliki mobil tahun ini.

Baca Juga:TV Mu Masih Analog? Yuk Pakai Pioline Set Top Box di Televisimu! Begini Cara Pasangnya Secara Mudah dan SimpleBisa-bisanya Ada Hp Murah Dengan Kualitas Ok, Nih Cek Hp Infinix Note 11 Pro Harga dan Spesifikasi nya di Sini Sekarang Juga!

Beberapa kiat membeli mobil second ini juga bisa kamu terapkan dari sekarang, agar kamu bisa lebih cepat membeli mobilnya.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberimu beberapa kiat membeli mobil second dengan mudah dan cepat.

Dari pada kamu semakin penasaran dan bertanya-tanya, yuk langsung saja kita simak beberapa kita yang ada di bawah ini.

9 Kiat Membeli Mobil Second Cepat dan Anti Gagal

1. Sesuaikan dengan Budget yang Di miliki

Sebelum memilih mobil bekas yang ingin di beli, tips pertama membeli mobil bertransmisi matic atau manual adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin di beli. Sehingga Anda dapat merencanakan pembayaran Anda di muka dan tidak akan mempengaruhi keuangan Anda di masa depan. Ada dua cara untuk melakukan ini, termasuk: 

Kredit Mobil Bekas

Tips membeli mobil bekas secara online maupun offline dengan kredit yang harus anda perhatikan adalah besaran bunga yang di bayarkan. Pada umumnya membeli mobil bekas biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi yaitu bisa sampai 6% di bandingkan dengan mobil baru yang biasanya hanya 3%. Untuk ini, lebih baik membayar deposit yang besar atau memilih jangka waktu pembayaran yang agak lama. Namun biaya tersebut akan tertutupi oleh pajak yang cenderung stabil dari tahun ke tahun bahkan bisa menurun tergantung tahun produk mobil tersebut di rilis. Namun, ada hal yang harus di perhatikan dan tidak boleh menjadi pilihan utama jika Anda membeli mobil bekas secara kredit.

Ada banyak alasan bagus mengapa sebaiknya Anda tidak membeli mobil bekas secara cicilan atau kredit, yaitu karena biaya bulanan bisa bertambah. Ada dua cara untuk mengukur kemungkinan pembelian mobil. Pertama, pastikan dana darurat tidak di gunakan untuk membeli mobil bekas, dan kedua, pastikan saat membeli dengan uang tunai, jumlah aset likuid selalu antara 15 sampai 20% dari nilai bersih. Dana darurat di sini adalah simpanan tunai yang di gunakan hanya dalam keadaan darurat, seperti pemutusan hubungan kerja atau kecelakaan atau sakit parah anggota keluarga. Perhatikan juga pembayaran bulanan. Juga pastikan bahwa pembayaran bulanan tidak melebihi 35% dari pendapatan bulanan dan total pinjaman tidak melebihi 50% dari total aset. 

Over Kredit Mobil

Pengkreditan mobil bekas secara berlebihan dapat di lakukan sepanjang tidak di perjual belikan tanpa lembaga keuangan yang bertindak sebagai perpanjangan tangan. Secara umum, nantinya jika pihak berwajib tidak mengetahui, kesulitan yang di hadapi adalah pada saat penanganan berkas. Memiliki lebih banyak kredit tampaknya lebih cepat, tetapi masih lemah dari sudut pandang hukum.

Baca Juga:Ingin Mobil Tangguh Tapi Harga Terjangkau? Pilih Saja Mobil Katana, Intip Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Beli!Gimana Sih Cara Cek RAM Android TV Box? Yuk Cek di Sini Sekarang Juga!

Tindakan ini sebenarnya di larang oleh hukum. Undang-Undang Perlindungan Kredit ini terikat dengan perjanjian jaminan perwalian dalam Undang-Undang Penjaminan Perwalian No. 42 Tahun 1999 (Undang-Undang Perwalian). Pasal 23 Ayat (2) Undang-Undang tentang Titipan menentukan bahwa wali amanat tidak boleh mengalihkan, menggadaikan atau menyewakan kepada pihak lain hal pokok Jaminan Titipan yang bukan merupakan pokok penyerahan, kecuali teks sebelumnya. Persetujuan Beneficiary-Trustee. 

2. Lakukan Survei Secara Langsung Sebelum Membeli

Tips paling penting untuk membeli mobil bekas secara online adalah melakukan penyelidikan di tempat. Survey lokasi bisa di lakukan dengan agen offline. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Sebaliknya, jika hanya mengecek kondisi kendaraan melalui website atau online, kemungkinan penipuan status kendaraan sangat tinggi. Untuk ini sebaiknya cek secara online atau offline untuk mengecek ketersediaan mobil yang ada. 

3. Teliti Siapa Penjualnya Sebelum Transaksi

Pembeli mobil bekas seringkali tidak sabar dan cenderung terburu-buru untuk mencari mobil yang di inginkan, padahal yang terbaik adalah mencari dengan sabar dan teliti. Beginilah cara pembeli mendapatkan mobil bekas yang sehat. Selain itu, pembeli juga harus memperhatikan identitas penjual sebelum melakukan transaksi. Karena kemungkinan penipuan, uang yang di ambil atau kejahatan lainnya.

Jika Anda benar-benar merasa cocok dengan kendaraan yang Anda tuju, sebaiknya jalin hubungan dengan penjual untuk memverifikasi informasi kendaraan yang Anda cari. Karena ada beberapa mobil yang di jual dengan cara di antar ke dealer. Oleh karena itu, cobalah untuk memverifikasi dan memverifikasi mengapa mobil ini di jual, mengapa di jual secara konsinyasi. Banyak orang bahkan bernegosiasi langsung dengan penjual. Tetapi Anda harus melihat mobil yang Anda cari terlebih dahulu dan kemudian melakukan penawaran. 

4. Tips Membeli Mobil Bekas, Cek Kondisi Eksterior Mobil

Tak hanya penjual, hal yang perlu di cek lebih lanjut ada di bodi dan eksterior mobil. Anda perlu memperhatikan setiap bagian pada bagasi, apakah masih terlihat dan berfungsi dengan baik. Ingat, perhatikan juga jika ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tidak merata. Pastikan semua komponen bodi selalu dalam kondisi prima. Detail lain yang sering di abaikan adalah pemeriksaan jarak bebas pada bodywork, kondisi ruang mesin, dan undercarriage. 

Berikut ini beberapa komponen-komponen detail yang wajib kamu cek sebelum membeli mobil bekas incaranmu:

Body Mobil

Pastikan mobil belum terlalu banyak di modifikasi baik dari segi tekstur, warna maupun interior mesinnya. Selain itu, hindari mengambil mobil modifikasi jika Anda benar-benar ingin menggunakannya untuk keperluan pindahan. Anda harus memeriksa bagian-bagian yang baru saja di perbaiki, karena dapat menjadi tanda-tanda benturan atau goresan yang menunjukkan adanya kecelakaan. 

Mesin Mobil

Buka kap mesin dan coba hati-hati jika mesin tidak di servis, sering terlihat endapan debu. Kemudian nyalakan mesin sekitar 5-10 menit dan buka kap mesin untuk melihat apakah suara mesin pelan atau teredam. Jika tersumbat, kemungkinan mesin mobil tidak bekerja dengan baik. Hal ini juga bisa Anda lihat dengan mengecek warna asap yang di keluarkan kendaraan. 

Aki dan Cairan Mobil

Baterai (Aki) bertugas menyediakan energi listrik ke komponen-komponen pada kendaraan. Saran beli mobil bekas online atau offline kali ini adalah pastikan mobil yang ingin di beli tidak memiliki aki yang jelek. Biasanya di tandai dengan lampu mobil yang tidak seterang biasanya. Hal yang sama berlaku untuk peluit yang sepertinya menghilang. 

Suspensi

Suspensi mobil yang bermasalah dapat di lihat dari mobil yang tidak seimbang yaitu miring. Biasanya hal ini di sebabkan kendaraan sering mengangkat benda berat. Dan juga dapat menggerakkan mobil yang cenderung lebih sulit di kendarai dalam kondisi rendah. Hal lain yang bisa di perhatikan adalah saat menutup bagasi mobil. Ketika Anda mencoba menutupnya, ternyata mobil cenderung oleng, mungkin karena sistem suspensi mobil sudah rusak. 

Ban Mobil

Masalah ban kempes mungkin terlihat sepele, namun jika sering di abaikan bisa merusak suspensi mobil. Selain itu, terbukti dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang, terutama saat melewati jalan berlubang. Jadi, jika ternyata ban Anda tidak berfungsi dengan baik, pertimbangkan kembali untuk membeli mobil bekas. Karena dengan begitu, tentu saja, Anda harus memperbaikinya. 

Kampas Rem Mobil

Rem parkir mobil dan semua bagian sistem rem mobil adalah hal yang paling penting untuk di ketahui pengoperasiannya. Jika Anda merasa rem tidak terlalu kencang, masalahnya mungkin bantalan rem mulai menyusut. Maka trik membeli mobil bekas secara online atau offline pada periode waktu ini adalah dengan mengecek buku servis dan history servis yang pernah atau pernah di lakukan. Agar tidak ada masalah, gunakan senter dan periksa apakah ketebalan bantalan rem berkurang, menjadi sekitar 1/4. Anda juga harus lebih peka terhadap bantalan rem Anda, jika mengeluarkan suara memekik saat Anda mengerem, Anda perlu menggantinya. 

5. Periksa Kondisi Kelengkapan Aksesoris dan Interior Mobil

Kemudian, saat akan mengecek kondisi mobil, mulailah dengan mengecek interior mobil. Banyak komponen internal perlu di uji secara fungsional. Misalnya, AC, sound system, dan saklar lampu. Anda juga harus memastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik, terutama fitur keselamatan seperti sabuk pengaman. Kemudian Anda juga harus memperhatikan kondisi interior mobil. Coba duduk di kursi depan dan belakang untuk melihat apakah nyaman, periksa kondisi dasbor, langit-langit, dan karpet. Perhatikan juga bau interiornya, apakah interiornya bau apek? Jika iya, bisa jadi itu pertanda kendaraan terkena banjir. 

6. Tanyakan Mengenai Performa Mesin

Mesin merupakan bagian penting dari proses pemeriksaan mobil. Pengecekan pengoperasian mesin pada mobil bekas perlu teliti dan teliti. Periksa juga kebocoran oli di blok mesin atau komponen lain dengan hati-hati. Anda kemudian dapat melakukan test drive kendaraan tersebut jika showroom atau dealer atau penjual meminta calon pembeli untuk test drive kendaraan tersebut. Selama test drive, perhatikan baik-baik, mulai dari kecepatan kendaraan, gas, status rem, girboks, pijakan kaki atau masing-masing kendaraan, barulah Anda bisa menilai apakah mobil tua selalu berjalan mulus, suka atau tidak. Berikut cara cek mesin mobil tua yang harus di perhatikan saat melakukan test drive. 

  • Hidupkan mesin mobil.
  • Kemudian, perhatikan bunyi mesin yang menyala.
  • Jika mesin terdengar halus, tidak kasar, dan mobil mudah di starter, artinya kondisi mesin masih bagus.
  • Sebaliknya, jika mobil ternyata berbunyi kasar, maka tanyakan kepada pemilik atau penjual mobil, mengapa hal seperti ini terjadi dan cek kerusakannya.
  • Apabila hal ini terjadi, kamu perlu pertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut.

7. Periksa Riwayat Service Kendaraan

Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya Anda mempelajari riwayat perawatannya. Karena akan memudahkan Anda jika mobil bekas yang Anda beli di servis dengan baik di bengkel resmi. Anda juga bisa mengetahui kondisi kendaraan target Anda dengan melihat riwayat servis kendaraan tersebut. Juga, periksa apakah pemilik sebelumnya melakukan perawatan rutin secara di siplin dan di dokumentasikan secara lengkap dalam log atau file perawatan. Jika pada akhirnya ternyata mobil tersebut di perbaiki karena kecelakaan, banjir atau perawatan yang buruk, Anda hanya perlu menghindarinya. 

8. Tips Membeli Mobil Bekas dengan Melakukan Test Drive

Langkah selanjutnya ketika membayar dan ingin membeli mobil bekas adalah dengan test drive. Dealer tepercaya sering mengizinkan calon pembeli mereka untuk menguji coba. Biasanya Anda bisa test drive di rumah dengan membuat janji terlebih dahulu. Setelah kesepakatan selesai, dealer akan membawa pulang mobil tersebut untuk test drive. Lakukan tes pada kondisi jalan dan kecepatan yang berbeda sehingga Anda dapat memahami dan mengetahui kondisi sebenarnya dari kendaraan Anda. 

9. Teliti Kelengkapan Surat-surat

Surat-surat kendaraan merupakan hal penting yang juga harus Anda pertimbangkan dan perhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Hati-hati dan cek keaslian BPKB dan STNK mobil bekas, karena belakangan ini banyak beredar SIM palsu yang membuat mobil curian bisa di banderol dengan harga tinggi. Anda juga perlu memastikan bahwa kendaraan yang akan di beli memiliki BPKB dan STNK atas nama asli pemiliknya. Dengan demikian, BPKB dan STNK yang asli dan lengkap akan memudahkan Anda untuk transfer nama dan prosedur administrasi lainnya. 

0 Komentar