Petani Di Desa Keraton Asuransikan Pertanian 

0 Komentar

Petani di Desa Keraton Kabupaten Cirebon, mengasuransikan tanaman padi karena potensi gagal tanam dan panen. Namun, dari data pemerintah desa sejumlah petani masih belum mendapatkan pencairan asuransi.

Petani di Desa Keraton Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, mengasuransikan produksi padi pada masa tanam kedua, karena potensi gagal tanam maupun panen. Kondisi ini diakibatkan karena sudah terbatasnya distribusi air, yang menyebabkan lahan pertanian mengalami kekeringan.

Namun, dari data Pemerintah Desa Keraton, saat ini masih ada petani yang belum mendapatkan pencairan dana asuransi pertanian. Kondisi ini menyebabkan petani yang mengalami kerugian belum mendapatkan pengganti biaya produksi.

Baca Juga:Nelayan Karangreja Usulkan Pembangunan SPBN Koperasi Sambung Jaya Mulya Lepas Jeratan Hutang Nelayan

Sekretaris Desa Keraton menjelaskan, persoalan di lapangan juga masih ditemukan adanya petani yang tidak jujur dalam melaporkan kerugian gagal tanam maupun gagal panen.

Sementara, Pemerintah Desa Keraton juga mendorong agar petani memanfaatkan asuransi pertanian jika terjadi gagal panen dan tanam. Pasalnya, pada masa tanam kedua kondisi air sudah mulai sulit dan berpotensi terjadinya kekeringan parah. 

0 Komentar