Batik Salem Warisan Budaya  Sejak Satu Abad Lalu 

0 Komentar

Batik Salem Kabupaten Brebes, ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda atau WBTB. Seni batik salem merupakan budaya turun temurun sejak ratusan tahun silam.

Penganugerahan WBTB dimeriahkan oleh gelaran festival dan rancang busana batik salem. Puluhan perancang busana dari Brebes dan sejumlah kota lain, turut menampilkan karya terbarunya.

Seni batik dari Brebes bagian selatan ini, merupakan warisan budaya yang sudah ada sejak sekitar satu abad lalu. Pada tahun 2021, Pemkab Brebes mengajukan batik salem sebagai warisan budaya tak benda, kemudian oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, batik salem resmi ditetapkan warisan budaya pada 2022 lalu.

Baca Juga:Mantan Bupati Purwakarta Berniat Calonkan Diri Jadi Gubernur JabarPemilih Pemula Harus Dibekali Pengetahuan Politik

Anugerah WBTB untuk batik salem ditandai penyerahan sertifikat yang dilaksanakan di pendopo Brebes. Penetapan sebagai warisan budaya ini tertuang dalam sertifikat nomor 3039.F4.KB.09.06.2022, dan ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Penetapan sebagai warisan budaya ini telah melalui beberapa tahapan penilaian rumit, mulai dari tahap pendataan hingga kajian.

Setelah mendapatkan sertifikat WBTB, para perajin diharap makin semangat dan menjadikan batik salem sebagai sarana untuk meningkatkan ekonomi, termasuk agar terus berinovasi memajukan batik salem agar disukai oleh semua kalangan usia

0 Komentar