Waduh Mati lagi nih Tv,kenapa ya set top box tidak dapat sinyal?? ini dia cara mengatasinya !

Waduh Mati lagi nih Tv,kenapa ya set top box tidak dapat sinyal?? ini dia cara mengatasinya !
Waduh Mati lagi nih Tv,kenapa ya set top box tidak dapat sinyal?? ini dia cara mengatasinya !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- set top box tidak dapat sinyal sering kali menyebabkan kita sebagai penggunakan ikut kanget dan kebingungan bagimana cara mengatasi nya dan biasanya kita juga curiga apa itu penyebabnya.

Bagi pengguna Set Top Box atau STB, terkadang ada masalah yang di rasakan dalam penggunaan STB yaitu saluran televisi yang tidak dapat menampilkan siaran dengan baik.

Karena itu cara mengatasi set top box tidak ada sinyal kemudian di cari Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah STB.

Baca Juga:Sudah mulai pusing belum??ini dia cara reset set top box matrix dijamin bisa deh,yuk coba sekarang juga !GILA TAHU GAK SIH !! hp murah layar 6 inch harganya lumayan loh dan ini dia rekomendasinya !

yang tidak ada sinyal sehingga menyebabkan tidak berfungsi dengan baik dan siaran pun menjadi terganggu. Seperti apa sajakah cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Sebelum mengeluh kan stb kita yang tidak ada sinyal ,Pastikan bahwa daerah Anda telah di jangkau oleh sinyal TV digital

Agar Anda dapat menikmati siaran televisi digital dengan nyaman melalui STB adalah sinyal yang sudah di jangkau di daerah Anda.

Kalau daerah Anda masih belum terjangkau dengan sinyal TV digital maka besar kemungkinan sinyalnya tersendat atau bahkan muncul peringatan tidak ada sinyal.

Untuk mengecek apakah daerah Anda sudah ada sinyal TV digital atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital.

yang sekarang ini sudah tersedia secara gratis untuk didownload pengguna baik di Play Store atau pun di App Store.

Melalui bantuan aplikasi aplikasi Sinyal TV Digital tersebut, Anda dapat mengetahui berapa jarak antara

pemancar sinyal dengan rumah Anda sehingga Anda pun dapat memastikan apakah daerah rumah Anda sudah tercover dengan sinyal TV digital atau masih belum.

Baca Juga:Ingin tahu cara menambah prosesor android tv terbaik,ini dia cara ya!Marilah menengok sejenak !! harga suzuki baleno yang menjadi bangsa pasar yang terkenal di pasaran !

Disarankan agar sebelum pindah ke STB, Anda download dulu aplikasi aplikasi Sinyal TV Digital agar tidak sia – sia beli STB.

Karena kalau daerah rumah Anda belum tercover dengan sinyal digital maka STB juga tidak akan berfungsi karena sinyalnya belum terjangkau.

Periksa bagaimana kondisi antenanya

bagi kalian yang belum tahu kalian juga sebelumnya harus memastikan beberapa persyaratan yang amat kawat salah satunya ini dia.Periksa bagaimana kondisi antena yang di gunakan apakah kabel atau jacknya berkarat atau tidak. Kalau ternyata memang berkarat atau mengalami korosi, Anda harus segera menggantinya.

Kalau kabel atau jacknya berkarat mungkin bisa jadi hal tersebut yang menjadi alasan sinyal tidak bisa diterima.

Utamanya kalau Anda menggunakan antena luar dan sudah lama di gunakan, kualitas antenanya pun dapat menurun karena korosi dan karat.

Selain itu, bagian dalam kabel untuk antena luar juga bisa lembab karena terkena hujan sehingga penangkapan sinyal TV menjadi lemah atau tidak stabil.

Gunakan antena outdoor

Antena outdoor sangat dianjurkan untuk di gunakan karena dapat menangkap sinyal TV digital secara maksimal.

Khususnya pada STB dengan label DVB-T2, penggunaan antena outdoor di rasa di perlukan. Kalau Anda paaki STB DVB-T2 dan belum ganti antena outdoor, lebih baik ganti dulu.

Namun kalau Anda masih ingin memakai antena indoor, masih boleh sih dilakukan namun pastikan bahwa lokasi Anda dekat dengan daerah terpancarnya sinar tersebut.

Alasannya tentu karena antena indoor hanya dirancang untuk lokasi yang memang lebih dekat dengan pemancar sinyal.

sehingga Anda dapat menangkap suatu siaran televisi bahkan meski antena di letakkan pada bagian dalam ruangan.

Hal tersebut berbeda jika Anda tinggal atau berada di lokasi yang kondisinya susah signal.

Cek kabel HDMI atau kabel RCA

Ada beberapa kasus yang mana STB dapat menangkap sinyal TV digital hanya ketika kabel RCA di gunakan.

Akan tetapi setelah kabel RCA tersebut di ganti dengan kabel HDMI, maka STB kemudian tidak bisa menemukan sinyal dan bisa terjadi hal yang sebaliknya.

Oleh karena itu pastikan dulu kabel HDMI atau RCA terhubung ke port yang ada pada STB dan TV dengan benar.

Jangan sampai ada yang terbalik atau tertukar. Terkadang juga ada kotoran yang mengganjal di port HDMI atau RCA sehingga Anda harus coba membersihkannya dulu juga.

Kalau sudah Anda pastikan tak ada kotoran di kabel atau  port dan pemasangannya tidak tertukar atau terbalik juga, tekan pada tombol source remot TV.

Kemudian pilih pada opsi HDMI jika Anda ingin menghubungkan STB ke TV memanfaatkan kabel HDMI. Kalau sudah berhasil terhubung, tampilan awal STB akan muncul di layar.

Restart STB

Malfungsi pada software STB juga dapat mengakibatkan STB tidak dapat menangkap atau menerima sinyal sehingga layar yang tampil tidak ada sinyal.

Cara mengatasi set top box tidak ada sinyal yang juga bisa dilakukan adalah dengan restart STB.

STB yang masih menyala, matikan dulu selama beberapa saat kemudian kalau sudah nyalakan kembali dan lihat apakah work.

Lakukan update pada software STB

Kalau Anda sudah lama tidak melakukan pembaruan software, maka cek pembaruan softwarenya sekarang apakah sudah tersedia atau tidak.

Pastikan hubungkan dulu STB ke internet atau wifi memanfaatkan dongle wifi yang cocok untuk STB Anda dan perbarui software untuk mendapatkan update terbarunya.

Reset STB

Reset ulang STB merupakan cara mengembalikan setelan STB ke pengaturan pabrik. Jadi STB akan seperti awal lagi.

Namun sebelum memastikan menggunakan cara ini, atasi STB yang tidak dapat menangkap sinyal dengan cara sebelumnya terlebih dahulu.

Mengganti Jack TV

Apa itu jack TV? Jack TV merupakan suatu alat yang menghubungkan antara STB dengan antena.

Coba cek apakah Jack TVnya yang bermasalah. Jika hal tersebut yang terjadi, maka besar kemungkinan STB tidak mengeluarkan sinyal adalah karena jack TV sehingga jack TV harus segera di ganti.

Meski sudah ada cukup banyak cara mengatasi set top box tidak ada sinyal, namun Anda perlu tahu juga penyebab mengapa STB menjadi tidak ada sinyal.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mencegah sebelum terjadinya masalah.itu dia cara mengatasi set top box tidak dapat sinyal,semoga bermanpaat nya,selamat mencoba.

0 Komentar