Kenapa Set Top Box Tidak Ada Suara? Begini Cara Mengatasinya..

Kenapa Set Top Box Tidak Ada Suara? Begini Cara Mengatasinya..
kenapa tv digital tidak ada suara/foto:https://www.teknisitv.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Perkembangan zaman mengubah pola sistem teknologi dari TV analog menjadi TV digital. Transisi tersebut kemudian muncul sebagaian perangkat pendukung yang memfasilitasi TV analog menjadi TV digital, namanya yaitu STB TV.

Namun masih awamnya STB sebagai pengganti peran TV analog, cukup sering di rasakan pengguna di luar sana. Salah satu masalah yang sering muncul yaitu STB TV digital tidak ada suara.

Kali ini kami ingin memberikan beberapa solusi cara mengatasi STB TV Digital milikmu tidak memunculkan suara. Sebetulnya cukup mudah, perhatikan beberapa poin penjelasan berikut, dari mulai faktor kabel, faktor TV, hingga faktor volume.

Baca Juga:Begini Cara Setting Set Top Box Welhome Dengan BenarKini Hadir Mobil Suzuki Terbaru di Indonesia Dengan Performa Baru

Kenapa TV Digital Tidak Ada Suara

1. Speaker TV Rusak

Sebenarnya speaker televisi rusak sangat jarang sekali terjadi, namun tidak menutup kemungkinan jika hal ini terjadi entah itu karena konektor yang putus, kabel yang melingkar di dalam speaker dan lain sebagainya. Dengan rusaknya speaker otomatis televisi digital tidak akan mengeluarkan suara.

2. Blok Audio Bermasalah

Kenapa TV tidak ada suara bisa akibat dari adanya masalah pada blok audio. Ada banyak komponen pada blok audio seperti IC audio dan beberpa komponen kecil lainnya, nah jika IC audio rusak, retak atau pin/kaki-kai IC tidak lagi menempel dengan sempurna akan berakibat pada hilangnya suara TV digital. Pada suatu kondisi tidak jarang juga terjadinya masalah pada jalur audio setelah di lakukan pengukuran memakai multitester.

3. Fitur Mute Aktif

Setiap remote kontrol TV pastinya memiliki fitur ini di salah satu tombolnya, yang mana fungsinya adalah untuk menghilangkan suara secara keseluruhan atau mengecilkan volune ke level terendah alias 0 (nol). Nah jika sengaja ataupun tidak sengaja tombol mute ini aktif karena kepencet, otomatis suara TV digital akan hilang atau tidak ada meskipun gambar normal.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Suara

Setelah mengetahui penyebab kenapa TV tidak ada suara, langkah selanjutnya yaitu cara mengatasi atau mengembalikan suara TV yang hilang. Ikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi TV tidak ada suara.

1. Restart Atau Nyalakan Ulang TV

Pada beberapa kasus kenapa TV digital tidak ada suara terutama pada TV digital yang sudah di bekali dengan sistem reboot, permasalah kenapa TV tidak ada suara bisa di atasi dengan mencabut kabel TV selama beberapa menit lalu hidupkan kembali. Namun jika tidak berhasil, coba cabut kabel power dan matikan TV selama beberapa jam supaya mesin dan semua komponen di dalamnya dingin terlebih dahulu baru di nyalakan kembali. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh.

2. Menonaktifkan Fitur Mute

Biasanya jika tombol mute di remote kepencet dan mengaktifkan fitur mute, di layar televisi akan muncul tanda berupa ikon speaker di silang di sudut aatau ataupun bawah. Nah jika melihat tanda tersebut, segera nonaktifkan mute dengan cara menekan tombol mute di remote.

3. Reset Pengaturan Suara TV

Jenis televisi keluaran terbaru seperti TV digital biasanya dibekali menu reset untuk mengatur ulang pengaturan suara kembali ke pengaturan pabrik, biasanya menu terdapat pada opsi Suara. Melalui menu reset ini bisa sebagai solusi mengatasi kenapa TV tidak ada suara.

Baca Juga:Rekomendasi Mobil Toyota Luncurkan Performa Terbaru 2023Daftar Harga HP Murah Samsung Dengan Performa Baru

Setelah reset pengaturan suara dilakukan, semua pengaturan suara seperti equalizer, auto volume, sound balance, audio delay dan sound feedback akan kembali seperti awal twlwvisi dibeli, jadi perlu dilakukan pengaturan kembali sesuai dengan kenyamanan Anda masing-masing.

4. Cek Kondisi Speaker ke Tukang Service Televisi

Langkah terakhir mengatasi televisi yang tidak ada suara jika telah melakukan semua langkah diatas namun suara televisi masih tidak ada yaitu dengan membawa TV atau memanggil tukang servis televisi untuk mengeceknya.

Demikian pembahasan mengenai kenapa TV digital tidak ada suara yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini. Terima kasih.

0 Komentar