Cermati! Begini Cara Setting Set Top Box TV Digital Dengan Benar

Cermati! Begini Cara Setting Set Top Box TV Digital Dengan Benar
Sumber: cermati.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Setiap keluarga kini mau tak mau harus mempunyai set top box untuk mendapatkan siaran tv digital yang lebih jernih. Jika kalian masih bingung, berikut ada cara setting cara setting set top box tv digital. Yuk ikuti langkahnya!

Televisi digital disiarkan menggunakan standar DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation). Ini berarti menggunakan frekuensi radio VHF/UHF, seperti halnya televisi analog, tetapi dalam format konten digital.

Untuk televisi analog, semakin jauh antena dari stasiun pangkalan TV, semakin lemah sinyalnya. Gambar yang menyebar semakin buruk dan menjadi lebih menyeramkan. Tapi tidak dengan televisi digital. TV digital memberikan gambar dan suara yang lebih jernih daripada TV analog. Sehingga tidak ada hantu atau semut yang merayap di layar TV.  

Baca Juga:Nah… Ini Dia Rekomendasi HP Infinix 2 Jutaan Terbaik – RAM Besar Kamera CantikInpo Masbro! Inilah Daftar Harga Mobil Jeep Terbaru 2023

Apa itu Set Top Box Digital?

STB TV digital adalah perangkat penerima televisi digital. Kemudian STB TV digital ini adalah elemen kunci dalam transisi dari analog ke televisi digital.

STB juga bisa disebut penerima TV digital. Secara umum, STB TV digital adalah perangkat komputasi yang tugas utamanya adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Pengoperasian STB televisi digital adalah memproses input siaran digital (sinyal yang diterima oleh antena UHF) dan kemudian mengeluarkannya sebagai gambar dan suara ke televisi analog. Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah memasang set-top box di TV analog Anda, Anda dapat menikmati acara TV digital. 

Cara Setting Set Top Box TV Digital

Cara setting TV digital dari TV analog dengan STB:

  • Pindahkan kabel antena TV ke bagian lubang yang terdapat di belakang STB
  • Menyambungkan kabel HDMI ke STB
  • Untuk TV yang tidak ada kabel HDMI, dapat menggunakan kabel berjenis AV. Biasanya paket STB sudah dilengkapi dengan kabel AV dan remote control
  • Sambungkan kabel AV ke TV maupun ke STB sesuai dengan warnanya
  • Nyalakan TV
  • Kemudian Pilih setting
  • Pilih menu HDMI atau AV
  • Lalu STB akan terinstal secara otomatis
  • Selesai

Gimana? mudah bukan? Ikuti langkah Cara Setting Set Top Box TV Digital Dengan Benar.

0 Komentar