Perlu Diketahui, Perbedaan Android TV dan Smart TV Beserta Kelebihan & Kekurangan

0 Komentar

RADARCIREBON.TV Jangan sampai salah pilih dan menyesal, ini adalah beda Smart TV dan Android TV yang layak kamu pahami sebelum memutuskan membeli TV baru. Meskipun keduanya terkesan mirip, namun ada perbedaan yang cukup signifikan antara Smart TV dan TV Android.

Membeli TV memang susah-susah gampang. Banyak di antara kita semua membeli TV hanya sekadar beli saja, asal TV sudah bisa menyala itu sudah cukup.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, membeli TV pun harus pintar-pintar. Sebab setiap jenis TV memberikan pelayanan yang berbeda.

Baca Juga:Suzuki Baleno Resmi Liris 2022 Wajah baru dan Interior LengkapViral di Pasaran! Deretan Antena Wifi Set Top Box Beserta Harga

Smart TV

Smart TV atau TV pintar merupakan televisi dilengkapi dengan kecerdasan khusus dan fitur canggih di dalamnya. Dengan fitur tersebut, kamu bisa melakukan hal apapun yang tidak bisa dilakukan di TV biasa. Namun, untuk mendapatkan fitur dari Smart TV tersebut, kamu harus terkoneksi dengan internet. Untuk bisa terhubung dengan internet, Smart TV memiliki menggunakan Ethernet port atau Wi-Fi.

Dilihat dari fitur-fitur yang ada, Smart TV memiliki beberapa keutamaan dibandingkan Android TV.

Kelebihan

  • Semua fitur dan program berada dalam satu paket

Dengan membeli Smart TV, kamu tidak perlu memikirkan lagi harus membeli televisi dan menghubungkannya dengan program internet. Smart TV juga sudah terhubung dengan sistem operasi untuk bisa menikmati fitur streamingbrowsing bahkan aplikasi sosial media. Adapun sistem operasi yang umumnya digunakan pada Smart TV adalah  Samsung dengan OS Tizen, LG dengan OS Webos, Sony dengan Android TV dan TVL dengan OS Roku.

  • Hanya Memerlukan Satu Remote

Smart TV mengemas semua program dan fitur dalam satu paket sehingga kamu cukup menggunakan satu remote saja untuk menjalankan Smart TV. Hal ini berbeda ketika menggunakan jenis TV yang lain, kamu harus menggunakan remote televisi biasa dan juga remote untuk program televisi.

  • Kendati memiliki banyak kelebihan, Smart TV tetap saja memiliki banyak kekurangan sehingga konsumen masih banyak melirik jenis TV yang lain.

Kekurangan

  • Harga Mahal

Berbeda dengan televisi pada umumnya, harga Smart TV tentunya jauh lebih mahal. Hal ini yang membuat kamu yang menginginkan TV dengan fitur canggih harus mengeluarkan kocek lebih banyak.

Saat ini, Smart TV paling murah di hargai sekitar Rp 2 juta. Kalau kamu ingin memiliki fitur Smart TV yang lebih tinggi, kamu harus membayar lebih mahal. Bahkan ada produsen televisi yang menjual Smart TV dengan harga lebih dari Rp 12 juta. Padahal, dengan uang sekitar Rp 2 juta, kamu sudah bisa membeli TV dengan spesifikasi yang lumayan.

  • Aplikasi Terbatas

Tidak seperti Android TV yang memiliki aplikasi tidak terbatas. Aplikasi Smart TV terbatas pada sistem operasi yang ada di Smart TV tersebut. Apabila ingin memiliki Smart TV dengan aplikasi tidak terbatas, tentunya harus memilih Smart TV yang memiliki sistem operasi Android.

Baca Juga:HP Infinix 12 Laris di Pasaran Dengan Harga Murah & TerbaruCara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis

Android TV

Android TV adalah sistem operasi android yang di modifikasi dan diperuntukkan bagi sebuah Smart TV. Selama ini sistem operasi tersebut terdapat di smartphone, tablet dan smartwatch. Seperti halnya Smart TV, Android TV juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:

  • Bisa Membuat Semua TV Jadi TV Pintar

Di karenakan Android TV merupakan sebuah sistem operasi, jadi kamu bisa mengoperasikan Android TV pada jenis TV manapun. Kamu tidak perlu membeli televisi baru dan bisa menggunakan televisi lamamu untuk menjadi sebuah TV pintar.

  • Harga Murah

Di bandingkan Smart TV yang berharga Rp 2 juta hingga Rp 12 jutaan, harga Android TV jauh lebih murah. Dengan Rp 2 juta kamu sudah bisa memiliki Android TV dengan spesifikasi yang tinggi.

  • Aplikasi Tidak Terbatas

Meski harga Android TV cenderung lebih murah, namun kamu bisa mendapatkan aplikasi yang tidak terbatas seperti pada smartphonetablet dan smartwatch. Pasalnya, di Android TV terdapat Google Play atau Play Store yang memuat aplikasi yang kamu inginkan. 

  • Di Android TV, kamu juga bisa mendapatkan fitur Google Voice Input dan Control untuk mengolah perintah suara. Fitur lainnya adalah Google Cast yang menghubungkan aplikasi yang sedang di jalankan di smartphone atau tablet ke Smart TV Android.  

Kekurangan

  • Android TV merupakan sebuah sistem operasi sehingga kamu tetap harus memiliki televisi dulu yang sesuai dengan Android TV tersebut. Kendala lainnya adalah kamu harus menambahkan box lain untuk mengoperasikan sistem tersebut di televisi. Tentu saja, hal tersebut membuatmu harus menggunakan dua remote untuk menjalankan televisi dan juga Android TV.

Dengan melihat kedua jenis televisi tersebut, kamu bisa menentukan jenis TV pintar yang kamu inginkan. Kalau kamu memiliki bujet memadai, kamu bisa membeli Smart TV. Tetapi ingat, apabila menginginkan Smart TV yang berkualitas, Smart TV berbasis Android mungkin bisa di pilih.

Sebaliknya, jika bujetmu terbatas, namun tetap menginginkan program televisi yang tidak terbatas, Android TV mungkin bisa menjadi pilihan. Namun tetap saja, kamu harus memiliki televisi dulu sebelum mengoperasikan Android TV. 

0 Komentar