Supra Bukan Sembarang Supra Ini Mobil Toyota Supra MK4, Mobil Iconic Dalam Film Fast & Furios

https://id.motor1.com/news/509034/toyota-supra-paul-walker-dilelang/
https://id.motor1.com/news/509034/toyota-supra-paul-walker-dilelang/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mobil Toyota Supra MK4, merupakan generasi ke-4 dari Toyota Supra yang banyak di buru kolektor otomotif.

Kenapa demikian? Pasalnya mobil ini pernah menjadi mobil yang di tunggangi oleh Brian O’Connor atau mendiang Paul Walker dalam film Fast and Furious. Sejak kemunculannya dalam film tersebut, mobil ini pun menjadi populer di kalangan pecinta otomotif seluruh dunia.

Menilik ke sejarahnya, Toyota Supra sendiri sudah hadir sejak tahun 1978 dengan Toyota Supra MK1. Awalnya hanya ada di Jepang dan Amerika serta menjadi pesain pony car di Negeri Paman Sam.

Baca Juga:Daftar Harga Mobil Baru Listrik Wuling Terbaru 2023, Cek Tipenya DisiniBuat Yang Lagi Cari Hp Murah Dengan Kamera 13 MP Kumpul Sini Yuk Harganya Mulai Dari 1 Jutaan Aja

Setelah populer di generasi pertamanya, Toyota pun mengembangkan generasi selanjutnya dan lahirlah Toyota Supra generasi selanjutnya yaitu MK2 pada 1981, Supra MK3 pada 1986, Supra MK4 pada 1993, dan Supra MK5 pada 2014.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai mobil Toyota Supra MK4 bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Spesifikasi Toyota Supra MK4

Sebagai sebuah mobil sport, Toyota Supra sudah terkenal performanya yang mumpuni di kelasnya sejak kehadiran generasi pertamanya. Apalagi untuk jenis Toyota Supra MK4 ini yang telah di pangkas bobotnya hingga 100 Kg, di bandingkan Toyota Supra MK3.

Sejak di rilisnya pada tahun 1993 hingga tahun 2022, Toyota Supra MK4 hadir dengan dua pilihan mesin. Mesin yang di gendong oleh mobil sport ini adalah 2JZ-GE non turbo dan 2JZ-GTE turbo.

Untuk mesin 2JZ-GE non turbo memiliki kapasitas mesin 3.000 cc DOHC 24 Valve 6 silinder segaris. Mesin tersebut memiliki output 225 hp dengan torsi 290 Nm.

Untuk 2JZGTE memiliki kapasitas 3.000 cc EFI DOHC 6 cylinder 24 valve. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp dengan torsi 460 Nm. 

Di bekali dengan transmisi manual 6 percepatan yang di salurkan melalui penggerak roda belakang (RWD). 

Baca Juga:Spesifikasi Infinix Note 12 Pro, Lebih dari Sekadar Smartphone Biasa5 Destinasi Wisata Di Pangalengan Jawa Barat Yang Lagi Hits Dan Ramai Di kunjungi

Mesin twin-turbo milik Supra menggunakan sistem sekuensial yang mampu mengurangi gejala turbo lag. Dengan mesin twin-turbo, Toyota Supra mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik. 

Memiliki tenaga dan kapasitas mesin yang besar, tentu konsumsi bahan bakarnya pun akan sangat berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya. Toyota Supra MK4 ini dapat menempuh 7,6 KM/L di dalam kota, 11,1 KM/L di luar kota, dan 9 KM/L rute gabungan.

Interior Toyota Supra MK4

Masuk ke dalam interiornya, sebagai mobil sport yang banyak di idamkan oleh pecinta otomotif interior dari Toyota Supra MK4 tentu masih cukup ketinggalan bila di bandingkan dengan mobil sport masa kini. Melihat dari tahun pembuatannya, interior yang di miliki oleh Toyota Supra MK4 tentu sangat kental dengan era tahun 90-an.

Namun desain dari interior dari Toyota Supra MK4 ini sangat unik dan mirip dengan dengan pesawat pada posisi pengemudi.  Terlihat kisi-kisi AC yang di miliki oleh Toyota Supra MK4 ini berbentuk baling-baling.

Selain itu instrument clusternya yang bulat-bulat membuat kesannya makin keren pada zamannya. Di dalam kabinnya ini pun sangat nyaman untuk digunakan dua orang penumpang dengan ruangan yang masih lega. 

Selain itu untuk kursi pada mobil Toyota Supra MK4 ini terdapat tiga pilihan bahan yang di gunakan yaitu Fabric, Recaro, dan Full Leather.

Untuk dashboardnya sendiri mobil ini di dominasi oleh warna hitam dengan berbagai instrumen dan perangkat elektronik hiburan yang pada saat itu memang sudah mumpuni. Tentunya bila membandingkan dengan perangkat hiburan pada mobil saat ini sudah ketinggalan. 

Audio pada mobil ini pun sudah cukup mumpuni, terlihat bahwa pada bagian sampingnya sudah di sematkan perangkat audio yang cukup besar.

Eksterior Toyota Supra MK4

Melihat eksterior dari Toyota Supra MK4 tentu memiliki cukup banyak perbedaan dari generasi sebelumnya. Bila di perhatikan sejak generasi pertama yaitu MK1 hingga MK3, desain eksterior dari Toyota Supra ini cenderung mengkotak.

Namun untuk Toyota Supra MK4 ini sudah membulat yang tentu menjadi perubahan yang sangat signifikan pada penampilan mobil tersebut. Bentuk yang membulat ini semakin menambah kesan aerodinamis pada mobilnya. 

Terdapat dua pilihan bodi untuk mobil sport ini yaitu pilihan coup dan targa. Mobil yang menggunakan kode MKIV ini memiliki dimensi panjang 4.514, lebar 1.81, tinggi 1.275 dan wheelbase 2.550.

Pada generasi sebelumnya desain lampu utama yang di sematkan dengan desain pop up. Namun pada Toyota Supra ini menggunakan lampu yang cukup besar. Di dalamnya pun terdapat tiga lampu yang memiliki peran berbeda untuk lampu senja, lampu utama hingga sein.

Untuk foglamp sendiri berada di bawah lampu utama tepatnya di bagian kisi-kisi udara samping. Penampilan depan mobil ini sangat sporty dan masih banyak di sukai hingga saat ini.

Bagian samping terdapat lekukan-lekukan halus dan kisi-kisi udara pada bagian samping belakang. Untuk bagian belakangnya mobil ini memiliki rear spoiler yang tampil cantik dan menambah kesan aerodinamis. 

Untuk lampu belakangnya sendiri desainnya cukup minimalis, yaitu dengan empat lampu bulat-bulan yang memiliki kegunaan masing-masing. Desain bulat seperti ini memberi kesan retro dan sampai saat ini masih banyak di sukai.

Fitur Toyota Supra MK4

Sebagai mobil sport yang memiliki performa buas di kelasnya, mobil ini di bekali dengan beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya bagi yang menyukai mobil kencang, Toyota menyematkan teknologi Acoustic Control Induction System (ACIS) yaitu teknologi yang mengatur arah aliran udara saat dalam pipa intake untuk meningkatkan tenaga dari mesin.

Untuk menunjang kenyamanan saat mobil melaju, Toyota Supra MK4 ini sudah menggunakan suspensi depan dan belakang dengan  wishbones, coils, dan anti roll barssteering rack dan pinion.

Selain itu ia pun memiliki fitur yang modern pada saat itu yang saat ini sudah banyak di aplikasikan pada mobil-mobil baru yaitu traction control. Untuk mencegah mesin turbo yang bermasalah Toyota pun sudah menggunakan sistem sekuensial yang mampu mengurangi gejala turbo lag. 

Pada sisi hiburannya, mobil sport ini mungkin bisa di katakan cukup ketinggalan bila di bandingkan dengan mobil sport zaman sekarang. Tentunya di butuhkan modifikasi pada sarana hiburan mobil ini agar memiliki head unit touchscreen yang sudah di aplikasikan pada mobil baru.

Mobil ini masih menggunakan perangkat audio player seperti mobil tahun 90an. Namun untuk speakernya mobil ini sudah di sematkan pada bagian kanan kiri pintu untuk merasakan suara yang nyaman.

Lanjut, untuk bagian keamanan pengeremannya mobil ini menggunakan ventilated discs pada bagian depan dan belakang. 

Harga Baru Toyota Supra MK4

Untuk harga mobil Toyota Supra MK4 ini tentunya saat ini sudah tidak ada unit barunya di pasaran. Pasalnya mobil ini sudah tidak di produksi lagi sejak tahun 2002. Untuk mendapatkan mobil sport ikonik ini tentu harus berburu di pasar mobil bekas.

Bahkan tidak mudah untuk mendapatkan di dalam negeri, tidak jarang bagi yang memiliki dana besar untuk membelinya di pasar mobil bekas sampai luar negeri.

Harga Bekas Toyota Supra MK4

Sebagai mobil sport yang banyak di idamkan oleh para pecinta otomotif, harga bekas dari mobil ini pun terus meningkat. Bahkan untuk harga mobil bekasnya ini bisa bersaing dengan mobil Toyota Supra keluaran baru yang berada di dealer.

Untuk sebuah perbandingan, Toyota menjual generasi kelimanya dengan nama New GR Supra yang saat ini di banderol dengan harga Rp 2.188.400.000.

Nah untuk mobil bekas Toyota Supra MK4 ini bisa di bilang tidak memiliki patokan pasti, namun berada di kisaran Rp 1 hingga Rp 3 miliar tergantung dari kondisi mobil tersebut. Baik itu masih standar pabrikan maupun sudah di modifikasi dengan penambahan part baru.

0 Komentar