Begini Cara Cari Daftar dan Jangkauan Siaran TV Digital

Begini Cara Cari Daftar dan Jangkauan Siaran TV Digital
Ilustrasi daftar siaran TV Digital/ Foto: (pixabay)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ini dia, bagi kalian yang mencari informasi mengenai cara cek daftar kota untuk siaran TV Digital. Yuk simak artikel ini sampai habis ya?

Mulai 2 November 2022, Analog Switch Off (ASO) telah di wajibkan secara nasional. Perangkat TV tabung dan TV layar datar non-digital tidak akan lagi menerima siaran TV analog setelah dimatikan.

Masyarakat yang masih menggunakan TV analog di imbau Kementerian Komunikasi dan Informatika agar segera memasang set top box (STB).

Baca Juga:Begini Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung LG dan Merek Lainnya! Yuk Simak Caranya!Yuk ke Tempat Wisata Murah Wayang Windu Pangalengan Bandung! Segini Tiket Masuknya

STB berfungsi sebagai jembatan untuk mengubah sinyal TV digital yang di transmisikan oleh stasiun televisi menjadi sinyal analog yang dapat di gunakan untuk melihat siaran. TV tabung dan TV analog lainnya sekarang dapat berfungsi dengan baik sekali lagi.

Dengan biaya mulai Rp 100.000, STB terbilang masuk akal. Masyarakat akan dapat menyaksikan siaran di TV digital yang memiliki kualitas audio dan visual yang jauh lebih baik. Selain itu, ada lebih banyak siaran karena satu multiplexing (MUX) dapat menampung hingga 12 siaran.

Program SignalTVDigital dapat di gunakan untuk mencari kota-kota yang dapat menerima siaran TV digital.

Pengguna aplikasi yang di buat oleh Bangunindo ini dapat melihat lokasi distribusi pemancar TV digital MUX di bandingkan dengan daerah lain serta perkiraan kekuatan dan jangkauan sinyal di berbagai lokasi.

Nantinya, pengguna juga akan dipandu oleh panduan panah saat menyelaraskan antena eksternal. Akibatnya, “tembakan” antena ke arah pemancar biasanya berhasil, sehingga menimbulkan sinyal yang lebih kuat.

Intensitas sinyal yang di terima juga dapat di pengaruhi oleh ketinggian atau kemiringan antena eksternal, serta ada atau tidaknya struktur terdekat atau halangan lainnya.

Berikut Cara Cek Jangkauan Sinyal Siaran TV Digital :

  • Instal aplikasi SignalTVDigital dengan masuk ke Playstore atau AppStore dan mengunduhnya.
  • Ketuk ikon Signal setelah memulai aplikasi SignalTVDigital.
  • Ketuk “See Mux detail” setelah memilih nama saluran TV.
  • Kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi atau saluran, di antara perincian lainnya, akan di sajikan secara otomatis.
  • Anda dapat menekan simbol Gallery di pojok kanan bawah layar untuk melihat materi yang dapat di tonton di TV.
0 Komentar