Harga Melonjak Sebabkan Pembeli Sepi

0 Komentar

Menyusul datangnya musim angin barat yang melanda perairan laut jawa, dalam beberapa pekan terakhir, mengakibatkan hasil tangkapan ikan nelayan menurun dratis, akibatnya harga ikan melonjak, pedagang pun sepi pembeli.

Harga semua jenis ikan laut di tempat pelelangan ikan, Pelabuhan Tegal Sari, Kota Tegal. Mengalami lonjakan yang sangat tinggi. Bahkan melonjaknya harga ikan hingga mencapai Rp. 10 ribu hingga 20 ribu perkilogramnya dari harga jual sebelumnya.

Musim angin barat yang melanda perairan laut Jawa dalam beberapa pekan ini, membuat para nelayan kesulitan menjaring untuk mendapatkan ikan ikan seperti kakap merah, entong, tingkol, bawal, banyar, rajungan, dan kerrang.

Baca Juga:Brebes Hanya Miliki Satu RusunawaSatu Balon Kuwu Gebangmekar Mundur

Selain itu, sedikitnya nelayan yang melaut membuat pasokan ikan di tempat pelelangan ikan beberapa pelabuhan di Tegal ini, juga menurun drastis, bahkan dalam beberapa hari terakhir tidak ada transaksi pelelangan ikan di TPI pelabuhan tersebut.

Salah seorang pedagang ikan, ratini, mengakui dampak dari berkurangnya pasokan ikan saat ini di tempat pelelangan ikan di Pelabuhan Tegal Sari, membuat harga semua jenis ikan mengalami lonjakan harga cukup tinggi perkilogramnya.

Harga ikan kakap merah yang sebelumnya dijual hanya Rp. 60 ribu perkilogram, naik menjadi Rp. 70 ribu perkilogram. Kakap kaci atau kakap biasa, mengalami kenaikan cukup tinggi yakni Rp. 15 ribu perkilogramnya, dari sebelumnya Rp. 20 ribu perkilogram, menjadi Rp.35 ribu perkilogramnya.

Ikan etong dari Rp. 30 ribu perkilogram, menjadi Rp. 45 ribu perkilogram, sedangkan ikan jenis cumi naik menjadi Rp 100 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp. 80 ribu perkilogram.

Sementara itu, salah seorang tokoh nelayan di Kota Tegal, Tambari Ghustom, meminta kepada Kementerian Perikanan dan Kelautan agar keberadaan harga patokan ikan (HPI), tidak sekedar sebagai lembaga atau alat penarik pajak bagi nelayan.

Akan tetapi menurutnya, keberadaan HPI betul-betul bisa mengontrol dan mengendalikan harga ikan tetap stabil di saat pasokan ikan nelayan berkurang, akibat cuaca ekstrem seperti musim angin barat saat ini.

Nelayan tidak hanya di TPI Pelabuhan Tegal Sari, suasana di TPI Pelabuhan Pelindo Kota Tegal juga tampak sepi, tidak seperti biasanya yng selalu ramai dikunjungi para pembeli, tampak juga lapak lapak penjualan ikan yang tidak ada aktivitas jual beli

0 Komentar