Mengunjungi Masjid Merah Kedung Menjangan

0 Komentar

Sebagai salah satu pusat penyebaran islam di tanah Jawa, Cirebon erat dengan Islam dan tempat ibadahnya, yakni masjid. Di Kota Cirebon, terdapat masjid yang cukup unik, yakni Masjid Merah Kedung Menjangan.

Siapa sangka, selain Masjid Merah Panjunan ternyata ada pula masjid yang serupa dengan masjid tersebut. Lokasinya berada di Blok Kedung Menjangan, Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.

Masjid Merah Kedung Menjangan tidak berada persis di tepi jalan, melainkan harus masuk terlebih dahulu ke dalam gang sekitar beberapa meter. Lokasinya yang agak tersembunyi membuat sebagian orang di luar daerah tersebut jarang mengetahuinya.

Baca Juga:Warga Sinarancang Bisa Tinggal Di Rumah LayakManis Dan Gurihnyanya Serabi Ambon

Masjid Merah Kedung Menjangan, seperti namanya masjid ini didominasi warna merah dalam bangunannya. Dari batu batanya, cat yang digunakan, hingga beberapa ornamen yang ada di areal masjid berwarna merah.

Masjid yang dibangun di tahun awal 2000-an ini merupakan representasi dari sejarah yang ada di Cirebon. Sebagai contoh, salah satu atapnya ada yang disusun rangkap sejumlah 9 tumpuk. Di mana makna dari pembangunan tersebut adalah cerminan dari Wali Songo yang menyebarkan agama Islam.

Pada beberapa bagian tembok dan ornamen lainnya terdapat piring yang motifnya mirip dengan ornamen yang ada di keraton ataupun di Masjid Merah Panjunan. Ornamen piring dengan desain yang berasal dari China ini, membuat masjid ini kian unik.

Meski tidak masuk dalam kategori masjid bersejarah, namun keunikan yang dimiliki masjid ini menjadi ciri khas tersendiri.

0 Komentar