DLH Launching Desa Mandiri Pengelolaan Sampah

0 Komentar

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, menggelar launching desa mandiri pengolahan sampah di Desa Girinata Kecamatan Dukupuntang. DLH apresiasi pemerintah desa dalam pengelolaan sampah secara mandiri.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, yang dimotori bidang peningkatan kapasitas dan pemulihan lingkungan melaunching desa mandiri pengelolaan sampah di Desa Girinata Kecamatan Dukupuntang. Dinas Lingkungan Hidup mengapresiasikan kemandirian desa dalam mengelola sampah, dengan memaksimalkan pemanfaatan sampah sebelum dibuang.

Pengelolaan sampah di Desa Girinata, dinilai bisa menjadi percontohan bagi desa lain, karena mampu mengolah sampah hingga memiliki nilai ekonomi serta bisa dikonversi menjadi rupiah yang dilakukan di bank sampah. Bank sampah di Desa Girinata, juga dianggap sudah sukses menekan produksi sampah rumah tangga yang bisa dikonversikan menjadi rupiah bagi nasabah yang menyetorkan sampah.

Baca Juga:Ibu Rumah Tangga Maju Jadi Calon Kuwu Desa Gintung Kidul Desa Kondangsari Gelar Pengundian Nomor Urut Calwu

Uang hasil konversi sampah, bisa digunakan oleh nasabah untuk membeli sembako, maupun tabungan, bahkan ditukarkan dengan emas karena sudah dikerjasamakan dengan Pegadaian Cirebon. Desa mandiri pengolahan sampah juga dikerjasamakan dengan Polresta Cirebon, yang disambut baik melalui sinkronisasi program green servis antara bank sampah dan Polresta Cirebon yang juga sekaligus menyerahkan SIM untuk nasabah bank sampah Desa Girinata.

Sementara, untuk menekan produksi sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon meminta masyarakat untuk melakukan pemilahan terlebih dahulu sebelum membuang sampah. Karena sampah yang bernilai ekonomi bisa dimanfaatkan menjadi berkah bahkan rupiah, melalui program desa mandiri pengolahan sampah.

Program kelompok wanita tani di Desa Girinata ini, juga dinilai sangat relate dengan agenda bidang peningkatan kapasitas dan pemulihan lingkungan DLH Kabupaten Cirebon, untuk mengelola dan menekan sampah di Kabupaten Cirebon

0 Komentar