Cara Mendapatkan Siaran TV Analog ke Digital Tanpa STB, Bisa?

https://smartaiwa.com/cara-setting-tv-digital-tanpa-stb/
https://smartaiwa.com/cara-setting-tv-digital-tanpa-stb/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Siaran TV analog Jawa Timur di matikan. Penduduk Surabaya dan 9 area siaran kini bisa menonton TV digital dengan atau tanpa set top box.

Pemerintah telah melangsungkan analog switch off di seluruh pulau Jawa setelah siaran TV analog di 10 area di Jawa Timur di matikan. Artinya, transformasi siaran analog ke siaran digital sudah di lakukan di 265 wilayah siaran di Indonesia.

Agar tetap bisa mengikuti saluran TV favoritnya, penduduk di semua wilayah tersebut harus beralih ke siaran TV digital.

Baca Juga:Aplikasi Ini Bikin HP Makin Keren! Bisa Cari Sinyal TV Digital Sampai Maksimal, Dapat Banyak ChannelJangan Sampai Keliru, Ini Urutan Skincare Malam yang Tepat

Salah satu cara pindah ke siaran digital adalah menggunakan perangkat Set-Top-Box (STB) yang di sambungkan ke perangkat TV analog.

Namun siaran digital juga bisa di nikmati tanpa STB. Yakni dengan mengecek apakah perangkat TV di rumah sudah memenuhi standar siaran digital atau belum.

TV harus sudah berstandar Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2) untuk menyaksikan siaran digital. Pengecekan juga bisa di lakukan melalui menu TV, jika ada opsi DTV artinya perangkat dapat menerima siaran digital.

Cara lain mengecek TV apakah sudah berstandar digital atau belum adalah dengan mengunjungi laman https://siarandigital.kominfo.go.id. Ini cara mengecek TV yang termasuk ke TV digital:

1. Klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar.2. Akan ada tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/tipe.3. Pilih kategori Televisi pada bagian perangkat dan masukkan merek dan model TV yang yang di miliki.4. Nama model TV akan tersedia jika masuk dalam TV digital.

Cara Setting Untuk Mendapatkan Siaran TV Digital tanpa STB

1. Pastikan wilayah rumah Anda sudah tersedia siaran digital

2. Pasang antena UHF biasa, baik antena outdoor maupun indoor. Ketinggian dan arah antena sebaiknya di sesuaikan dengan lokasi pemancar.

3. Cek televisi sudah mampu menerima siaran TV digital DVB-T2.

4. Cek kabel antara antena dan TV tersambung dengan baik.

Baca Juga:Simulasi Kredit Mobil Baru Daihatsu Ayla Dengan DP Ringan Mulai Rp 20 JutaanPaket Komplit! 3 Pilihan Android Smart TV Polytron 43 Inch

5. Pilih menu pengaturan/setting untuk pencarian (tuning) sinyal. Biasanya terdapat pilihan DTV untuk siaran digital beserta ATV untuk siaran analog.

6. Lakukan auto scan untuk mencari program siaran TV digital. Nama kanal (stasiun) tv digital akan di tampilkan secara otomatis

Itulah cara untuk mendapatkan Siaran TV Digital tanpa menggunakan STB.

0 Komentar