Launching Desa Mandiri Pengolahan Sampah

0 Komentar

Pemerintah Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, berusaha menyelesaikan persoalan sampah di tingkat desa. Guna menangani sampah, dibangun tempat pembuangan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R) sebagai sarana penanganan sampah di desa secara mandiri.

Launching tempat pembuangan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R), sebagai sarana penanganan sampah di desa secara mandiri, dilakukan Pemerintah Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, Kamis pagi. Penanganan sampah ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, dengan menyediakan mesin pencacah sampah organik dan mesin pelebur sampah plastik.

Kuwu Desa Windujaya, Jumadi menjelaskan, dibangunnya TPS 3R Desa Windujaya, minimal bisa mengurangi dampak persoalan sampah di desa. Atas dasar usulan masyarakat, desa harus memiliki TPS 3R dengan total anggaran 150 jutaan. Dipilihnya model TPS 3R karena lokasi desa yang tidak memungkinkan tps tanpa pengolahan, dan tujuannya juga agar lingkungan tidak tercemar. Sebagai acuan, kuwu berusaha menjadikan Desa Windujaya menjadi Desa Ciawigajah di Kecamatan Sodong.

Baca Juga:5 Rumah Warga Mertapada Kulon Ludes TerbakarRazia Truk Odol Melintas Di Flyover Kretek

Kabid Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan (PKPL) DLH Kabupaten Cirebon, Fifi Erneti menambahkan, pihaknya berharap agar penanganan sampah di Kabupaten Cirebon mampu selesai ditingkat desa. Selaku pemerintah pihaknya menginisiasi untuk menggerakkan masyarakat kedua mengingatkan para kuwu yang mempunyai potensi untuk menangani persoalan sampah diberikan prioritas untuk penanganan sampah di tingkat desa.

Sementara, Desa Windujaya menghasilkan sampah 3 ton perminggunya. Sehingga keberadaan TPS 3R dapat menyelesaikan persoalan sampah. Ke depan, TPS ini akan dikelola oleh Bundes bekerja sama dengan Linmas untuk operasional pengambilan sampah dari rumah tangga

0 Komentar