Perawatan Gamelan Prawa Sanggar Klapa Jajar

0 Komentar

Perawatan gamelan prawa di Sanggar Klapa Jajar, dilakukan dengan membersihkan karat dan debu. Rencananya, gamelan tersebut akan digunakan untuk festival gamelan se-wilayah 3 Cirebon yang akan diselenggarakan di Kota Cirebon.

Gamelan prawa milik Sanggar Klapa Jajar, yang merupakan peninggalan tokoh terdahulu, kembali dikeluarkan setelah lama disimpan. Semua instrumen gamelan, mulai dari gong, kenong, gambang, dan lainnya, satu persatu dibersihkan, dengan menggunakan air, dan juga material pembersih khusus untuk membersihkan logam gamelan.

Upaya pembersihan gamelan tua ini dilakukan untuk persiapan festival gamelan se-wilayah 3 Cirebon. Pasalnya, Sanggar Klapa Jajar mendapat kesempatan untuk menampilkan gamelan prawa, dalam festival gamelan pada pertengahan Oktober, yang akan dilaksanakan di Keraton Kacirebonan.

Baca Juga:KNPI Minta Pembangunan Gedung KNPI Segera Di RealisasikanUPT Pengelolaan Air Limbah Respon Keluhan Warga Soal CUDP

Kedepan, sanggar sanggar seni, diharapkan bisa terus menjadi ujung tombak dalam melestarikan seni budaya local. Dan sanggar lainnya bisa mendapat kesempatan pada kegiatanpagelaran maupun lainnya untuk menjaga kearifan lokal

0 Komentar