Tradisi Ngunjung Buyut Simbar

0 Komentar

Kampung Kalimati yang berada di Desa Walahar, Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, memiliki tradisi tersendiri dalam melestarikan situs leluhur. Salah satunya melakukan tradiai ngunjung buyut dengan berbagai kegiatan.

Warga Kampung Kalimati Desa Walahar Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, menggelar serangkaian kegiatan dalam pelestarian situs leluhur. Salah satunya dengan melaksanakan tradisi ngunjung buyut simbar yang merupakan leluhur asal wilayah setempat.

Warga merayakan tradisi ngunjung buyut dengan pentas seni tradisional. Berbagai seni disuguhkan dalam kegiatan ngunjung buyut ini.

Baca Juga:Kalaju Desa Citemu DiresmikanASN Di Brebes Ucapkan Netral Di Pemilu 2024

Pemangku adat Kampung Kalimati mengatakan, tradisi ngunjung buyut juga merupakan upaya mempromosikan situs buyut simbar. Ditambah keberadaan batu bleneng yang memiliki potensi menjadi tempat wisata sejarah dan budaya di Kampung Kalimati.

Sementara, batu bleneng merupakan batu berukuran besar di ujung bukit salam yang hingga saat ini masih menyimpan misteri yang belum terungkap. Menurut informasi yang beredar, nama batu berasal dari kata embel atau lumpur dan meneng atau diam dimana batu ini merupakan gunung berapi yang akan meletus

0 Komentar