Penguatan Ideologi Pancasila Dan Kesadaran Bela Negara

0 Komentar

Penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, terus dilakukan Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon dengan melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah. Dalam sosialisasi tersebut, para pelajar diajak untuk berperan aktif dalam meningkatkan wawasan kebangsaan.

Upaya meningkatkan penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, terus dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cirebon, dengan mendatangi sejumlah sekolah menengah atas Rabu siang.

Setelah sukses digelar di wilayah timur dan tengah, kali ini giliran wilayah barat yakni di SMA Negeri 1 Palimanan, yang menjadi lokasi selanjutnya roadshow dari kegiatan yang diikuti ratusan pelajar SMA-SMK yang ada di Kabupaten Cirebon tersebut.

Baca Juga:Cipta Kondisi Keamanan Jelang Pilwu Serentak, Pemilu Dan PilkadaWarga Memilih Untuk Berlangganan Air Artesis

Sekertaris Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon Iik Akhmad Rifai menuturkan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa indonesia tentang diri dan lingkungan, yang didasari falsafah cita-cita dan tujuan ideologi pancasila.

Menurutnya, semakin kuat dan kokoh pemahaman tentang ideologi pancasila, diyakini dapat menjadi benteng kokoh, dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini para pelajar dapat meningkatkan pemahaman ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, dengan mengembangkan wawasan kebangsaan dan ideologi negara, serta menjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

Tak hanya itu, nilai-nilai kebersamaan, rasa nasionalisme, membentuk karakter bangsa dengan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi, serta memberikan pemahaman tentang nilai-nilai yang terangkum dalam empat pilar kebangsaan, dapat senantiasa tumbuh dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembinaan yang berkesinambungan, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengisi, memperkuat dan mempertahankan NKRI dengan karya nyata, bagi kemajuan dan kejayaan bangsa.

Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon mengajak para pelajar untuk bersama-sama merevitalisasi fungsi empat pilar kebangsaan, yaitu pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, agar dapat menegaskan komitmen dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

0 Komentar