Penguatan Ideologi Pancasila Dan Kesadaran Bela Negara

0 Komentar

Penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, terus dilakukan Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon dengan menggelar sosialisasi. Setelah sukses mendatangi sejumlah sekolah, kali ini sosialisasi menyasar ke perguruan tinggi, untuk mengajak para mahasiswa berperan aktif dalam meningkatkan wawasan kebangsaan.

Upaya meningkatkan penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, terus dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cirebon Kamis siang.

Setelah sukses digelar dengan mendatangi sejumlah sekolah di wilayah timur, tengah dan barat, kali ini giliran kampus Universitas Muhamadiyah Cirebon (UMC), yang menjadi lokasi selanjutnya, dalam roadshow yang diikuti ratusan mahasiswa yang ada di Kabupaten Cirebon tersebut.

Baca Juga:Pansus 2 DPRD Kab. Cirebon Gelar Kunjungan Ke BaliTanggapi Kasus Perundungan Remaja Putri

Sekertaris Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon Iik Akhmad Rifai menuturkan, dasar falsafah dan tujuan ideologi pancasila, didasari wawasan kebangsaan, yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan.

Menurutnya, semakin kuat dan kokoh pemahaman ideologi pancasila, hal tersebut diyakini dapat menjadi benteng kokoh, dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, dengan mengembangkan wawasan kebangsaan dan ideologi negara, serta menjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

Tak hanya itu, nilai-nilai kebersamaan, rasa nasionalisme, membentuk karakter bangsa dengan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi, serta memberikan pemahaman tentang nilai-nilai yang terangkum dalam empat pilar kebangsaan, dapat senantiasa tumbuh dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pembinaan yang berkesinambungan, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengisi, memperkuat dan mempertahankan NKRI dengan karya nyata bagi kemajuan dan kejayaan bangsa, terlebih mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa.

Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon mengajak para mahasiwa untuk bersama-sama merevitalisasi fungsi empat pilar kebangsaan, yaitu pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, agar dapat menegaskan komitmen dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

0 Komentar