Badan Kesbangpol Gencar Lakukan Sosialisasi Di Kalangan Pelajar

0 Komentar

Seratus pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan dari berbagai sekolah di Kabupaten Cirebon, diberikan pemahaman tentang penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara. Para pelajar pun turut dibekali mengenai pembentukan karakter, agar dapat berkiprah membangun bangsa dan negara. Kegiatan ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya digelar di wilayah timur Cirebon

Setelah sebelumnya digelar di wilayah timur, kali ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, dengan menghadirkan sedikitnya seratus pelajar yang berasal dari sejumlah sekolah menengah atas dan kejuruan yang ada di wilayah barat, di aula SMKN 1 Kedawung Rabu siang.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, yang merupakan cara pandang bangsa indonesia yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan ideologi pancasila, oleh dua orang narasumber yang dihadirkan, yakni dari Badan Narkotika Nasional dan guru.

Baca Juga:Kiper Popnas Andalan Jabar Dari Cirebon Unjuk Rasa Ricuh Bakar Mobil & Pendemo Bawa Bom

Sekertaris Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon Iik Akhmad Rifai menuturkan, pancasila merupakan benteng kokoh negara Indonesia, dari berbagai pengaruh negatif yang ditimbulkan perkembangan teknologi dan informasi.

Dirinya menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut sebagai bentuk penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, sehingga diharapkan para pelajar dapat memahami dan mengerti nilai-nilai yang terangkum dalam empat pilar kebangsaan, yakni pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurutnya, melalui pembinaan secara berkesinambungan, tentunya dapat membangun karakter bangsa di kalangan pelajar, agar kemudian dapat memberikan kontribusi positif dalam mengisi, memperkuat dan mempertahankan NKRI dengan karya nyata, demi kemajuan dan kejayaan bangsa, sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan undang-undang 1945.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari pihak sekolah, yang menilai penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara diperlukan bagi para pelajar.

Dalam kesempatan ini, Badan Kesbangpol menegaskan dan mengajak para pelajar yang ada di Kabupaten Cirebon, untuk bersama-sama merevitalisasi fungsi empat pilar kebangsaan, dan menegaskan komitmen bahwa nilai-nilai pancasila adalah norma dasar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam acara pembukaan, turut ditampilkan sejumlah kreasi seni, yang ditunjukkan oleh para pelajar dari SMKN 1 Kedawung

0 Komentar