Penguatan Ideologi Pancasila dan Kesadaran Bela Negara

0 Komentar

Puluhan pelajar sekolah menengah atas di Kabupaten Cirebon, diberikan pemahaman tentang penguatan ideologi dan kesadaran bela negara. Mereka pun turut dibekali mengenai bagaimana caranya membentuk karakter bangsa, agar dapat berkiprah membangun bangsa dan negara.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cirebon, mengumpulkan puluhan siswa sekolah menengah atas dari berbagai sekolah yang berada di wilayah timur Cirebon, dalam kegiatan penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, di aula SMAN 1 Lemahabang Rabu siang.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan ideologi pancsila, oleh sejumlah narasumber yang dihadirkan.

Baca Juga:Pelepasan Cincin Macet di Jari LansiaDeklarasi Pemilu Damai 2024

Sekertaris Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon Iik Akhmad Rifai menuturkan, pancasila diyakini dapat menjadi benteng kokoh, dari berbagai pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi.

Dirinya menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut sebagai bentuk penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, sehingga para siswa dapat memahami dan mengerti nilai-nilai yang terangkum dalam empat pilar kebangsaan, yakni pancsila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurutnya, melalui pembinaan secara berkesinambungan, diharapkan dapat membangun karakter bangsa khususnya di kalangan pelajar, untuk kemudian dapat memberikan kontribusi positif dalam mengisi, memperkuat dan mempertahankan NKRI dengan karya nyata, demi kemajuan dan kejayaan bangsa, sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan undang-undang 1945.

Dalam kesempatan itu, Badan Kesbangpol mengajak para pelajar untuk bersama-sama merevitalisasi fungsi empat pilar kebangsaan, dan menegaskan komitmen bahwa nilai-nilai pancasila adalah norma dasar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ditutup dengan puluhan pelajar membentangkan bendera merah putih, dan meneriakan yel-yel semangat membela NKRI.

0 Komentar