Badan Kesbangpol Kab. Cirebon Gelar Wawasan Kebangsaan

0 Komentar

Upaya meningkatan wawasan kebangsaan, dilakukan Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon, melalui penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara. Sejumlah elemen masyarakat dihadirkan, dalam kegiatan yang menghadirkan dua orang narasumber dari unsur TNI dan tokoh ulama tersebut.

Wawasan kebangsaan, saat ini menjadi benteng kokoh masyarakat, dalam menghadapi pengaruh negatif yang ditimbulkan akibat perkembangan teknologi dan informasi.

Penguatan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan ideologi pancasila tersebut, dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cirebon, melalui kegiatan penguatan ideologi pancasila dan kesadaran bela negara, di gedung NU Sumber Rabu siang.

Baca Juga:Kebakaran Lahan Di Bandorasa WetanSatreskrim Polresta Cirebon Tangkap 1 Pelaku Pencurian 

Sejumlah peserta dari perwakilan masyarakat dan ormas GP Ansor dihadirkan, dalam kegiatan guna menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan rasa nasionalisme, membentuk karakter bangsa untuk saling menghormati satu sama lain dengan mengembangkan sikap toleransi, serta memberikan pemahaman tentang nilai-nilai yang terangkum dalam empat pilar kebangsaaan ini.

Sekertaris Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon Iik Ahmad Rifa’i menjelaskan, dua narasumber dari Kodim 0620 Kabupaten Cirebon dan ulama-tokoh agama dihadirkan, dalam kegiatan yang bertujuan memperkuat persatuan-kesatuan bangsa tersebut, sehingga dapat meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat, dengan salah satunya dapat memahami dan mengerti nilai nilai yang terangkum dalam empat pilar kebangsaaan.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Cirebon. Ketua GP Ansor Kabupaten Cirebon Akhmad Ibnu Ubaidilah menuturkan, penguatan ideologi pancasila diperlukan agar dapat meningkatkan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat.

Melalui pembinaan yang berkesinambungan, diharapkan dapat membangun karakter masyarkat yang dapat memberikan kontribusi positif, dalam mengisi, memperkuat dan mempertahankan NKRI dengan karya nyata, bagi kemajuan dan kejayaan bangsa.

Badan Kesbangpol Kabupaten Cirebon, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama merevitalisasi fungsi keempat pilar kebangsaan yaitu pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai bentuk komitmen bahwa nilai-nilai pancasila adalah norma dasar dalam bermasyarakat , berbangsa dan bernegara.

0 Komentar