Bukan Cuma Jadi Bumbu Dapur Saja, Ternyata Ini Manfaat Garam Lainnya

Bukan Cuma Jadi Bumbu Dapur Saja, Ternyata Ini Manfaat Garam Lainnya
Manfaat Garam (medicalnewstoday/ Tokopedia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dalam kegiatan memasak, maka akan di butuhkan garam agar dapat memberikan rasa asin pada masakan yang di buat. Selain berguna untuk memberikan rasa asin pada makanan, garam juga mempunyai manfaat lainnya.

Penggunaan bahan tambahan tersebut, bisa memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Misalnya dapat menjaga produksi hormon tiroid. Pasalnya, jika kekurangan yodium yang terkandung pada garam, maka akan membuat tubuh tidak bisa memproduksi hormon tiroid.

Apabila tubuh kekurangan hormon tiroid, akan menyebabkan berbagai hal. Seperti pembesaran tiroid, konstipasi, kelelahan, hingga sulit berkonsentrasi. Lalu dampak lainnya yaitu dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga:Berapa Banyak Sebaiknya Konsumsi Garam Per Hari? Simak Infonya Berikut Agar Tidak Mengonsumsi Secara BerlebihanCuma Menggunakan HP Loh, Begini Cara Cek Sinyal TV Digital untuk Mengetahui Kekuatan Sinyal di Daerahmu

Dan, masih banyak dampak lainnya yang akan di dapatkan dari mengonsumsi garam. Namun perlu di ingat, terlalu banyak mengonsumsi garam juga dapat membahayakan kesehatan. Jika konsumsinya terlalu banyak, maka dapat meningkatkan resiko tekanan darah dan akan menimbulkan resiko penyakit lainnya.

Manfaat Garam Lainnya

Selain berguna untuk memberikan rasa asin pada makanan hingga berdampak baik untuk kesehatan, rupanya terdapat manfaat lainnya yang bisa di dapatkan, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut info selengkapnya.

Mengawetkan ikan – Pengawetan ikan atau pengasinan merupakan hal yang lumrah di lakukan agar ikan menjadi lebih tahan lama. Pasalnya garam mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan kegiatan enzim penyebab pembusukan yang terdapat didalam tubuh ikan. 

Menghambat buah berubah warna – Beberapa buah biasanya akan mengalami reaksi perubahan warna setelah di potong, misalnya saja apel. Agar apel tidak berubah warna, maka bisa gunakan campuran garam dan air lalu rendam apel selama beberapa menit. Setelah itu, tiriskan dan bilas dengan air bersih.

Membersihkan kulkas – Jika terdapat noda yang membandel pada kulkas, maka bisa gunakan garam kasar yang telah di beri sedikit air hangat. Kemudian, gosokkan pada bagian yang terdapat noda.

Membersihkan permukaan kayu – Garam juga dapat memberi manfaat untuk beberapa barang ini. Beberapa barang seperti talenan kayu dan meja kayu, konon bisa di bersihkan dengan menggunakan garam. Bisa dengan gunakan larutan garam maupun menggosoknya dengan menggunakan lemon yang sebelumnya sudah di taburkan garam pada permukaan talenan kayu.

0 Komentar