Berapa Banyak Sebaiknya Konsumsi Garam Per Hari? Simak Infonya Berikut Agar Tidak Mengonsumsi Secara Berlebihan

Berapa Banyak Sebaiknya Konsumsi Garam Per Hari? Simak Infonya Berikut Agar Tidak Mengonsumsi Secara Berlebihan
Konsumsi Garam Per Hari (Net/ Radar Kepahiang Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Garam merupakan tambahan pada olahan makanan yang dapat memberikan rasa asin. Namun, untuk konsumsi harian, berapa sebaiknya konsumsi garam per hari yang benar?

Bahan tambahan pada makanan ini, telah secara luas di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain di gunakan dalam konsumsi harian rumah tangga, bahan tambahan ini juga dapat berguna untuk mengawetkan makanan.

Dalam kesehatan pun, rupanya dapat memberikan manfaat lantaran terkandung beberapa mineral yang penting untuk tubuh. Seperti natrium, klorida, dan juga sulfat yang akan berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit.

Baca Juga:Cuma Menggunakan HP Loh, Begini Cara Cek Sinyal TV Digital untuk Mengetahui Kekuatan Sinyal di DaerahmuSimak, Daftar Frekuensi TV Digital untuk Warga Kuningan dan Wilayah Jawa Barat 3

Selain itu, berguna juga untuk menjaga tekanan darah yang normal dan menjaga kesehatan sistem saraf dan otot. Walaupun baik untuk kesehatan, namun garam juga dapat memberikan efek negatif jika berlebihan.

Hal negatif yang paling berdampak yakni melonjaknya tekanan darah. Jika tekanan darah melonjak atau tinggi apalagi tidak di obati, maka akan menimbulkan resiko pada penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, gagal ginjal dan lain-lain.

Lalu, Berapa Konsumsi Garam Per Hari?

Jika berdasarkan dari rekomendasi nutrisi Health Canada yang di lansir dari laman Kemenkes, kebutuhan garam yang di butuhkan yakni hanya 115mg sodium/hari. Berbeda halnya dengan pendapat lain.

Berdasarkan UK RNI (United Kingdom Reference Nutrient Intakes), batas minimum yaitu 575mg dan maksimum 1.600mg. Perbedaan pendapat tersebut memang tergantung dari iklim tempat dimana kita tinggal.

Seperti di Indonesia yang memiliki iklim panas, maka kebutuhan garam akan lebih banyak. Pasalnya, tubuh manusia akan lebih banyak berkeringat dan tentunya akan mengeluarkan sodium.

Sementara menurut WHO (World Health Organization), anjuran untuk konsumsi garam yaitu dengan membatasi konsumsi sodium 2.400mg. Jika dalam ukuran sendok, maka konsumsi garam setara dengan 1 sendok teh per hari.

Namun untuk mudahnya, bisa dengan mengonsumsi bahan alami dan hindari atau minimal kurangi makanan olahan. Sebab, berbagai makanan olahan biasanya memiliki kadar sodium yang tinggi.

0 Komentar