Nikah atau Kuliah S2 ya? Kuliah Dulu Yuk! Ini 10 Persyaratan yang Harus Kamu Penuhi Untuk Lanjut S2

Kuliah S2/REKAT KATA
Kuliah S2/REKAT KATA
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Melanjutkan kuliah S2 di usia muda merupakan impian bagi siapapun yang masih memiliki semangat belajar tinggi.

Namun, jika kamu di beri dua pilihan antara menikah atau melanjutkan kuliah S2, yang mana yang akan kamu pilih duluan?

Jika kamu lebih memilih untuk melanjutkan S2, maka kamu harus mempersiapkan hal-hal penting dari sekarang.

Baca Juga:Agendakan Nongkrong Dadakan Bareng Teman-temanmu! Nih 5 Rekomendasi Caffe di Cirebon yang Hits dan Instagramabel BangetSupaya Ayang Gak Cemberut, Malem Mingguan Ajakin Nonton di Cinema XXI CSB Mall, Ini Dia Daftar Film dan Jadwal Tayangnya Hari Ini

Oleh karena itu, artikel ini akan memberitahumu apa saja yang harus kamu siapkan mulai dari sekarang ini untuk melanjutkan S2.

Ada 10 hal yang harus kamu siapkan untuk melanjutkan kuliah S2 dan mengambil jurusan yang kamu impikan.

Daripada kamu semakin penasaran apa saja yang harus di persiapkanmu, yuk langsung saja kita scroll ke bawah untuk melihatnya.

Ini 10 Persyaratan yang Harus di Penuhi Untuk Melanjutkan Kuliah S2

1. Kampus Yang Di tuju Sudah Jelas

Di mulai dengan menentukan kampus yang akan Anda tuju. Berbeda kampus biasanya memiliki syarat yang berbeda, jadi cari tahu sebanyak mungkin tentang kampus tersebut.

2. Jurusan Yang Di pilih Sudah Pasti

Selanjutnya, jika kampus Anda sudah, pastikan jurusan yang Anda ambil. Masing-masing jurusan biasanya memiliki persyaratan yang berbeda, jadi pastikan jurusan Anda dan cari informasi sebanyak mungkin tentangnya.

3. Persiapkan Biaya

Jika Anda ingin melanjutkan ke S2, Anda harus memenuhi syarat ini, jadi pastikan untuk memperhitungkan biaya dengan cermat. Lihat berapa biaya kuliah jurusan Anda. Biaya kuliah bervariasi untuk setiap jurusan. Persiapkan diri Anda sebelum pergi.

4. Persiapkan Rencana Penelitian Tesis

S2 berbeda dengan S1. Di S2, Anda harus menyelesaikan karya ilmiah yang bagus. Oleh karena itu, buat rencana penelitian Anda sejak dini. Ini akan menentukan berapa lama Anda akan kuliah. Sukses bergantung pada kecepatan penyelesaian tugas. Karena kuliah S2 tidak lama lagi, Anda harus membuat rencana penelitian.

Baca Juga:Mau Kencan Malem Mingguan Bareng Doi? Nih 4 Tempat Nongkrong Asyik di Cirebon yang Suasananya Romantis BangetSiap-siap Buat Para Pendaftar! Begini Cara Cek Lokasi Tes CPNS Kemenkumham Berikut Jadwalnya

5. Persiapkan Belajar TOEFL

Sangat penting untuk mahir bahasa inggris di S2 ini, karena ada banyak jurnal internasional yang harus Anda baca. Meskipun Google translate dapat membantu, Anda juga harus mahir bahasa inggris. Selain itu, sebagai syarat untuk S2, siswa harus memiliki skor TOEFL setidaknya 450, bahkan ada beberapa yang hanya 500. Di UGM, TOEFL di sebut AcEPT, dan untuk masuk sebagai mahasiwa, siswa harus mendapatkan nilai AcEPT 209 atau setara 450. Syarat pendaftaran adalah skor TOEFL. Beberapa kampus membolehkan lulus tanpa skor minimal. Namun, jika Anda lulus, Anda harus memiliki skor TOEFL di atas 450 untuk yudisium. Namun, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik.

6. Persiapkan Belajar TPA (Tes Potensi Akademik)

Beberapa kampus membutuhkan tes langsung di tempat saat daftar. Untuk UGM, ada yang di sebut PAPs. Sama seperti TOEFL, Anda harus memiliki sertifikan PAPS atau TPA sebelum dapat mendaftar. Dan harus lulus saat yudisum. Minimum skor untuk S2 di UGM adalah 500. Anda harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

7. Persiapkan Dosen Pemberi Rekomendasi

Untuk memasuki S2, Anda juga perlu memiliki rekomendasi dari dosen Anda, yang biasanya harus minimal 2 atau 1 dari S1. Anda harus sudah mempersiapkan diri, dan Anda harus memiliki janjian awal dengan dosen Anda saat S1. Anda juga harus tahu siapa yang akan memberikan rekomendasi Anda.

8. Persiapkan Belajar Meteri Bidang Kamu

Tes masuk biasanya berfokus pada bidang tertentu, jadi pelajari dengan cermat bidang Anda agar Anda dapat lulus. Belajar lagi, ya.

9. Persiapkan Dokumen Pendukung (Ijasah & Transkrip)

Foto kopi transkrip nilai S1 dan ijasah harus sudah di legalisir. Ini sudah pasti di butuhkan saat mendaftar S2. Anda juga harus mempersiapkan diri sejak awal. Oh iya, scan transkrip nilai dan ijazah Anda juga. Pendaftaran biasanya di lakukan melalui sistem online.

10. Persiapkan Dokumen Kesehatan

Surat keterangan kesehatan dari dokter biasanya di perlukan. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan tempat Anda akan menjalani pemeriksaan kesehatan, karena lebih baik jika Anda menjalani pemeriksaan di rumah sakit pemerintah. Sebisa mungkin, cari dokter yang sudah menjadi PNS atau memiliki NIP.

0 Komentar