Takut Konsumsi Garam? Coba Pakai Alternatif Pengganti Garam yang Berasal dari Rempah-rempah Ini

Takut Konsumsi Garam? Coba Pakai Alternatif Pengganti Garam yang Berasal dari Rempah-rempah Ini
Pengganti Garam (Kompas.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Beberapa orang mungkin akan takut mengonsumsi garam lantaran resiko kesehatan. Maka dari itu, beberapa orang di antaranya akan memilih untuk mencari pengganti garam.

Resiko kesehatan yang di maksud yakni jika seseorang tersebut memiliki tekanan darah yang tinggi. Pasalnya, jika konsumsinya berlebihan, maka akan menimbulkan penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, gagal ginjal dan lain-lain.

Memang tidak bisa di pungkiri, makanan yang tidak memakai garam makan akan terasa hambar. Hal ini membuat bumbu dapur yang satu ini menjadi bumbu yang wajib di gunakan dalam makanan agar dapat menambah cita rasa.

Baca Juga:Ini Dia Olahan Seafood yang Comfort Food, Cobain Resep Cumi Cabe Garam untuk Disantap di Jam Makan SiangKrispinya Sampai Tahun Depan! Cobain Nih Resep Tahu Cabe Garam Krispi Biar Menu Olahan Tahu Lebih Bervariasi

Beberapa informasi yang di dapatkan, memang sebaiknya konsumsi garam harian perlu di batasi. Jika menurut WHO, batasan yang di bolehkan yakni sekitar 1 sendok teh per hari. Meskipun, setiap wilayah domisili tidaklah sama, karena tergantung dengan iklim dari suatu negara tersebut.

Apa Pengganti Garam?

Berdasarkan info yang di ketahui, konsumsi bumbu dapur ini tidaklah buruk karena tubuh masih membutuhkan garam dan potasium. Namun, untuk yang memiliki riawayat tensi tinggi, maka bisa di konsultasikan dengan dokter masing-masing yang menangani.

Adapun beberapa penggantinya yang bisa di jadikan alternatif. Penggantinya tersebut berupa rempah-rempah yang akan memberikan rasa enak untuk makanan. Berikut daftarnya.

Bawang putih – Rasa yang di hasilkan cenderung gurih dan tentunya memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Selain bisa menjadi anti inflamasi, bawang putih juga konon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Rosemary – Memiliki aroma yang khas untuk masakan, biasanya di gunakan untuk beberapa jenis makanan agar dapat menambah cita rasa. Misalnya steak daging hingga pasta.

Oregano – Pengganti garam selanjutnya yaitu oregano yang merupakan rempah berasal dari Italia. Rasa yang di hasilkan gurih bahkan memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu bersifat antiseptik.

0 Komentar