Jaga Kesehatan Mental Kita Kawan Dan Hindari Kecemasan Pada Diri , Yuk Simak Cara Menangani Kecemasan

Jaga Kesehatan Mental Kita Kawan Dan Hindari Kecemasan Pada Diri , Yuk Simak Cara Menangani Kecemasan
Jaga Kesehatan Mental Kita Kawan Dan Hindari Kecemasan Pada Diri , Yuk Simak Cara Menangani Kecemasan
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- cara menangani kecemasan atau cara menenangkan anxiety adalah hal yang perlu di ketahui, khususnya bagi seseorang yang memiliki anxiety disorder atau serangan kecemasan.

Salah satu cara yang dapat di lakukan untuk menenangkan anxiety adalah dengan menarik napas dalam-dalam dengan hitungan tertentu.

Selain itu, masih ada beberapa cara lainnya yang dapat di lakukan untuk meredakan anxiety.

Baca Juga:Hai Kawan Buat Kalian Para Pelajar ini Dia Cara Menginstal Window 10 Di Laptop !Spesifikasi Mobil Masda 3 Yang Keren Abis Tidak Kalah Saing Dengan Mobil hatchback  lain Nya !

Cara Menenangkan Anxiety dengan Langkah Tepat

Di kutip dari buku Keperawatan Jiwa, yang di susun oleh Jek Amidos Pardede, Nor Afni Oktavia, Yunike, Tjahjanti Kristyaningsih, Anis Laela Megasari, Ira Kusumawaty, Kurnia Laksana, Solehudin, (2022: 88).

anxiety atau kecemasan adalah perasaan was-was maupun khawatir yang di sertai dengan rasa takut yang berlebihan dan membuat kondisi seseorang kurang baik bahkan dapat membahayakan dirinya.

Saat seseorang mengalami anxiety, tak jarang rasa panik akan muncul. Untuk membantu seseorang yang mengalami anxiety agar dapat kembali tenang, berikut ini beberapa cara menenangkan anxiety:

1. Menarik Napas Sedalam Mungkin

Di kutip dari buku Anxiety First Aid: 10 Tips Cepat Saat Mengalami Serangan Kecemasan, Margareth Bertha (2023: 12), melakukan deep breathing atau menarik napas dalam-dalam dapat membantu tubuh dan pikiran lebih rileks.

Teknik ini dapat di lakukan dengan tarik napas selama 4 detik, lalu tahan hingga 7 detik, kemudian lepaskan secara perlahan dalam 8 detik. Lakukan secara berulang sampai merasa tenang.

2. Menerapkan Metode 5-4-3-2-1

Metode 5-4-3-2-1 dapat di lakukan dengan menyebutkan 5 benda yang ada di lingkungan sekitar, 4 nama benda yang disentuh, 3 suara yang didengar, 2 bau atau aroma yang di hirup serta 1 rasa yang di rasakan lidah. Metode ini dapat memudahkan seseorang yang terserang anxiety untuk kembali tenang dan mereda.

3. Menerapkan Teknik Mindfulness

Teknik ini dapat di terapkan untuk melatih fokus seseorang terhadap hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitar.

Dengan teknik ini, seseorang yang mengalami anxiety dapat mereda dan terfokus dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Baca Juga:Awal Karir Penyanyi Asal Depok Yang Cemerlang,Simak disini Propil Ayu Ting Ting !Kegunaan Obat simvastatin,Dosis Dan Cara Pakai,Yuk Cari Tahu Obat Penurun Kolesterol Ini !

Caranya dapat di lakukan dengan duduk di posisi yang nyaman dan aman lalu pusatkan fokus pada apapun yang terjadi di sekitar.

4. Membagikan Perasaan dengan Orang Lain

Saat mengalami kecemasan, seseorang perlu membagikan perasaannya dengan bercerita dengan orang lain.

Jika perasaan tersebut terus di pendam maka dapat membuat perasaan cemas akan semakin memburuk.

Kecemasan ini dapat diceritakan dengan orang terdekat, seperti keluarga, pasangan, sahabat atau tenaga medis profesional seperti psikolog atau psikiater.

5. Makan dan Minum secara Teratur dan Cukup

Ketika anxiety menyerang, asupan makanan dan minuman perlu di kontrol dengan baik agar kadar gula darah dalam tubuh berada dalam taraf yang stabil.

Jika terlambat makan atau asupan minum kurang maka kecemasan akan semakin memburuk.

Sekian pembahasan mengenai cara menenangkan anxiety yang dapat di coba untuk membantu menenangkan dan meredakan rasa cemas yang di alami. (DAP)

0 Komentar