Petualangan Seru di Bukittinggi: 7 Destinasi Wisata yang Akan Membuatmu Terpesona dengan Keindahan dan Sejarahnya!

Petualangan Seru di Bukittinggi: 7 Destinasi Wisata yang Akan Membuatmu Terpesona dengan Keindahan dan Sejarahnya!
wisata di bukittinggi: indonesia.travel
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Berlibur ke Sumatera Barat? Padang nggak selalu jadi satu-satunya destinasi yang menarik untuk dijelajahi, lho. Selain Padang ada pula kota Bukittinggi dengan segala pesonanya. Kota dengan tingkat perekonomian terbesar kedua di Sumatera Barat ini dahulu juga pernah menjadi ibu kota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Namun, selain itu Bukittinggi juga kaya akan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tak cuma alam dan budaya, sejarah hingga mitos legenda setempat menjadi daya tarik wisata di Bukittinggi tersendiri. Penasaran seperti apa objek wisata yang ada di Bukittinggi? Simak beberapa pilihan tujuan wisata populer di Bukittinggi berikut:

1. Danau Maninjau

Dengan ketinggian lebih dari 460 meter di atas permukaan laut, Danau Maninjau di percaya terbentuk karena hasil erupsi gunung api puluhan ribu tahun yang lalu. Untuk mencapai objek wisata di Bukittinggi ini, kamu harus melewati rute bernama Kelok 44, jalur perbukitan dengan 44 tikungan.

Baca Juga:Daftar Kuliner Khas Bukittinggi yang Bikin Kamu Ketagihan, Lamak Bana!Keajaiban Tersembunyi di Sumatera Barat: 5 Danau yang Saya Kalau di Lewatkan

Ada beberapa titik di kawasan wisata ini yang bisa kamu kunjungi untuk mengagumi kemegahan Danau Maninjau. Dari Kelok 23 hingga Kelok 30, kamu akan di suguhi pemandangan indah danau yang bergandengan serasi dengan hamparan sawah.

Agar lebih mantap, kamu dapat bertolak ke titik tertinggi perbukitan, yakni Puncak Lawang. Destinasi wisata di Bukittinggi yang populer ini penuh dengan spot berfoto dengan latar belakang Danau Maninjau untuk mempercantik media sosial kamu.

2. Ngarai Sianok

Tak kalah dengan Grand Canyon di Amerika Serikat, Indonesia memiliki Ngarai Sianok, lembah alami sepanjang 15 kilometer yang merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna. Salah satu lokasi untuk menikmati keelokan dari tempat wisata di Bukittinggi ini adalah Taman Panorama, di mana tersedia gazebo danviewing platform untuk pengunjung.

Selagi di Ngarai Sianok, kamu juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Bukittinggi lain yang berada di sekitarnya seperti Tabiang Takuruang yang memesona.

3. Janjang Koto Gadang

Tak jauh dari objek wisata Bukittinggi sebelumnya juga terdapat Janjang Koto Gadang, destinasi tempat wisata di Bukittinggi yang kerap di juluki sebagai “Tembok Cina”-nya Bukittinggi. Membentang di tengah rimbunnya pepohonan sepanjang kurang lebih 1 km, menyusuri Janjang Koto Gadang ini akan berikanmu pengalaman unik berwisata ke Bukittinggi.

4. Lobang Jepang Bukittinggi

Kalau tertarik menelusuri masa lalu kelam Indonesia sekaligus menguji nyali, ada pula pilihan wisata sejarah di Bukittinggi yang cukup menarik, yakni Lobang Jepang Bukittinggi yang dapat di kunjungi melalui Taman Panorama di Ngarai Sianok.

Lobang Jepang Bukittinggi berikan lukisan tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942 hingga 1945 silam. Bunker yang panjangnya mencapai 1400 meter ini memiliki 21 lorong yang di manfaatkan untuk berbagai macam hal, contohnya adalah ruang penyimpanan amunisi, ruang mata-mata, dan ruang penyiksaan.

Baca Juga:Memahami Perbedaan: Vivo V29 dan Vivo V29e, Ponsel Vivo Terbaru dengan Fitur yang Berbeda!Pilihan Terbaik untuk HP VivoTerbaru: Daftar HP Vivo Terkni untuk Berbagai Kebutuhan

Untuk alasan keamanan, beberapa jalur di dalam objek wisata yang bersejarah ini di tutup agar pengunjung tidak menyasar di dalam labirin goa.

5. Museum Rumah Adat Baanjuang

Juga terletak di kawasan Taman Margasatwa adalah Museum Rumah Adat Baanjuang yang merekam jejak kehidupan masyarakat Minang. Berumur 85 tahun, destinasi tempat wisata yang terbuat dari kayu ini mengikuti rancangan rumah adat gadang, lengkap dengan anjuang pada sisi kanan dan kiri gedung.

Mengunjungi objek wisata di Bukittinggi ini, kamu bisa menjumpai rumah miniatur tradisional, hewan-hewan langka yang di awetkan, serta benda-benda adat Minangkabau termasuk perlengkapan masak, alat musik, hingga senjata untuk berburu.

6. Rumah Kelahiran Bung Hatta

Mohammad Hatta, sebagai Wakil Presiden Indonesia yang pertama, merupakan nama bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu, wajar saja jika banyak yang penasaran ingin melihat sendiri tempat kelahiran sosok pejuang kemerdekaan tersebut.

Di pugarkan pada tahun 1995, Rumah Kelahiran Bung Hatta di lestarikan sebagai museum untuk mengenang masa kecil sang Pahlawan Nasional. Di tempat wisata sejarah Bukittinggi ini kamu akan di bawa melewati mesin waktu karena bangunan dan letak perabotannya di atur sedetail mungkin mengikuti rupa aslinya.

7. Jam Gadang

Bukan tanpa sebab jam ini di sebut sebagai kembaran Big Ben. Mesin penggerak yang di gunakan kedua jam ikonik ini identik serta tidak di produksi lagi untuk bangunan lainnya.

Di rancang oleh arsitek Minangkabau, Yazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh, Jam Gadang adalah simbol kota yang akan menyempurnakan kunjungan kamu ke Bukittinggi.

Tak hanya terpukau oleh megahnya objek wisata Bukittinggi ini, kamu juga dapat menghabiskan waktu berkegiatan di sekitar bangunannya, antara lain adalah kuliner khas Minangkabau, menikmati pertunjukkan air mancur dan lampu, serta menghampiri Taman Monumen Bung Hatta yang berada tak jauh dari tempat wisata di Bukittinggi satu ini.

Cuci mata, menyejukkan diri, mengenal budaya, serta belajar sejarahsemuanya bisa kamu temukan di berbagai wisata tersebut. Jadi, jangan lupa untuk sempatkan diri mu jelajahi lebih banyak objek wisata saat berkunjung ke Bukittinggi, ya.

0 Komentar