Tak Cuma Margarin, Ini Cara Bikin Pisang Goreng Krispi yang Super Keriting Cukup Tambah 1 Bahan Dapur

sumber dari: https://mediaindonesia.com/
sumber dari: https://mediaindonesia.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pisang goreng bisa jadi pilihan camilan di berbagai situasi. Misalnya saat menonton film, mengerjakan tugas, ataupun sembari minum teh. Gorengan satu ini memang punya rasa manis dan sedikit gurih.

Nggak cuma lezat, ciri khas pisang goreng lainnya adalah tekstur luarnya yang krispi. Hal ini di sebabkan karena pisang di lapisi adonan tepung terlebih dahulu sebelum di goreng.

Agar hasilnya keriting dan renyah tahan lama, sejumlah orang sengaja menambahkan margarin ke dalam adonan tepung pisang goreng. Kalau semua bahan sudah tercampur sempurna, potongan pisang tinggal di masukkan ke adonan tepung lalu langsung di goreng di minyak panas.

Baca Juga:9 Fakta Asuma Sarutobi, Guru InoShikaCho yang Hebat namun Mati MudaEpic Comeback! AC Milan Tumbangkan PSG Dengan Skor Tipis 2-1, Liga Champions 2023 – 2024

Namun, agar krispinya lebih maksimal, kamu bisa meniru apa yang di lakukan oleh pengguna YouTube iK_Ben_Krisna. Ia sempat membagikan resep sekaligus cara bikin pisang goreng krispi. Dalam unggahan videonya, tampak warganet satu ini membuat dua adonan pelapis pisang sekaligus. Menurutnya, cara tersebut dapat menambah tekstur pisang goreng jadi super keriting dan renyah tahan lama.

Ini Cara Untuk Bikin pisang goreng krispi

Pertama, buat terlebih dahulu adonan basahnya. Siapkan wadah lalu masukkan 4 sdm tepung terigu, 250 ml air, dan 1 sdm margarin. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur jadi satu.

“Aduk-aduk sampai nggak ada lagi bahan yang masih bergerindil,” 

Proses selanjutnya, kupas lalu iris-iris pisang jadi empat bagian sama besar. Lakukan secara perlahan, agar bentuknya rapi.

“Kalau sudah, langsung celupkan potongan pisang ke adonan basah. Sisihkan terlebih dahulu,” ungkapnya lebih lanjut.

Selanjutnya, siapkan adonan keringnya. Campurkan 15 sdm tepung terigu dan 1/2 sdt garam. Namun, agar hasil pisang goreng lebih renyah tahan lama, ia juga menambahkan satu bahan dapur lain, yakni 2 sdm tepung maizena ke dalam campuran adonan kering. Aduk-aduk sampai tercampur sempurna.

Kalau sudah, pindahkan satu per satu pisang ke adonan kering. Kalau semua permukaan pisang sudah terlumuri adonan kering, pindahkan ke dalam wadah berisi air putih biasa.

“Ini kunci biar hasilnya bagus dan keriting nantinya,” ucapnya.

Potongan pisang yang sudah basah, lalu dipindah kembali ke adonan kering. Bolak-balik pisang agar seluruh permukaannya terlumuri sempurna dengan adonan kering.

Baca Juga:Gelandang Timnas Prancis Eduardo Camavinga Tekan Perpanjang Kontrak di Real Madrid Hingga 2029Manchester City Semakin Melambung Tinggi Untuk Melaju Ke Babak 16 Besar Liga Champions Usai Taklukan Young Boys dengan Skor Telak

“Kalau hasilnya mau lebih tebal lagi, bisa lakukan hal yang sama sampai dua hingga tiga kali,” ungkapnya.

Setelah itu, pisang pun siap untuk digoreng di minyak panas. Agar matang merata, jangan lupa bolak-balik pisang goreng.

Pisang goreng yang sudah matang dan berwarna kuning keemasan bisa langsung diangkat pakai saringan. Tiriskan beberapa saat lalu pisang goreng siap untuk disajikan.

Ditonton lebih dari 497.000 kali, video ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna YouTube lain yang turut memberikan tanggapan positif di kolom komentar. Bahkan ada juga yang mengaku ingin segera mempraktikkan resep pisang goreng satu ini di rumah.

“Terimakasih resepnya mbk,, otw bikin deh,, kebetulan ada pisang dirumah,, ,” tulis akun YouTube Ainiyyahinayah4675.

“Resep andalan mama sy…caranya sama seperti bikin ayam kribo…cmn beda bhn tepungnya saja…trimksh resepnya bunda…Krn sy juga nonton vidionya ,” sahut akun YouTube nabellasepginaty.

“Bisa lgs dicoba ah mumpung ada pisang dirumah makasih resepnya,” jelas akun YouTube Dapurmiari.

Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan larutan gula dalam adonan pisang goreng. Namun, pastikan takarannya tepat, ya.

“Sebaiknya air yg dituang keadonan tepung,pake air rebusan gula putih,tpi jgn terlalu kemanisan,biar tepung goreng pisang ada manis”nya dikit.!,” ucap akun YouTube paktatang5264.

0 Komentar