8 Camilan Khas Sumatera Barat, yang Tak Boleh di Lewatkan

8 Camilan Khas Sumatera Barat, yang Tak Boleh di Lewatkan
camilan khas sumatera barat: indonesia.travel
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kamu pernah mengunjungi Sumatera Barat? Apa yang biasanya di bawa sebagai oleh-oleh? Di Sumatera Barat, ada banyak makanan dan minuman lezat yang harus Anda coba, apalagi saat Anda berada di sana. Ada banyak kuliner di seluruh Nusantara.

Walaupun makanan ini adalah makanan tradisi dari dahulunya, namun akan selalu cocok di lidah dan harganya pun tergolong murah. Berikut ini daftar camilan khas sumatera barat yang harus kamu coba.

1. Karak kaliang

Karak Kaliang adalah sejenis kerupuk gurih berwarna kuning berbentuk  menyerupai angka 8 dan terbuat dari tepung ubi, makanan ini adalah makanan khas Bukittinggi. Jika berkunjung ke Bukittinggi kamu harus beli oleh-oleh ini ya, di jamin kalian pasti suka kerupuk renyah ini yang satu ini  sebagai teman makan nasi.

Baca Juga:WOW Sudah Rilis! Berikut Harga Tiket dan Cara War Tiket Golden Disc Awards 2024 di JakartaIni Dia Menara Jam yang Terkenal di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

2. Karupuak sanjai

Makanan khas berikutnya juga berasal dari Bukittinggi, terbuat dari singkong yang di potong tipis, ada juga yang di potong lebar tipis lalu di goreng, terakhir baru di beri varian rasa sesuai selera. Karupuak sanjai memiliki varian rasa, ada kerupuk sanjai balado merah, balado hijau dan original.

3. Kipang kacang

Kipang kacang adalah sejenis camilan manis dan renyah yang terbuat dari campuran kacang tanah dan gula merah yang di cetak dan di potong seperti kotak-kotak kecil lalu di bungkus sesuai ukuran yang pas di mulut.

Selain kipang kacang, ada juga kipang puluik putiah (pulut putih), dan ada juga kipang puluik hitam yaitu kipang yang terbuat dari campuran gula merah dengan beras pulut hitam.

4. Randang talua

Yaitu rendang telur kering, memiliki rasa gurih dan renyah. Randang talua cocok di makan bersama nasi, makanan ini berasal dari daerah Payakumbuh.

5. Dakak-dakak

Dakak-dakak terbuat dari tepung beras di campur dengan bumbu-bumbu hingga rasanya gurih dan kriuk-kriuk apabila di makan. Proses pembuatannya pun unik. Setelah adonan di aduk kemudian di tipiskan. Lalu menggunakan batok kelapa yang sudah di lubangi di beberapa tempat pada bagian tengah berdiameter kira-kira 2 cm, maka akan di hasilkan potongan-potongan berbentuk mi.

Setelah adonan selesai banyak barulah di masukkan ke dalam minyak panas dan di goreng kekuningan. Camilan yang satu ini banyak di temukan di daerah Batusangkar.

6. Karupuak cancang

Kerupuk renyah yang satu ini berbahan dasar singkong yang di potong dadu, di campur dengan macam-macam bumbu terutama kunyit halus agar menghasilkan warna kuning cerah nan menggugah selera.

Baca Juga:Serba Bisa Si Buah Lemon: Manfaat Ajaib yang Akan Membuat Kamu Suka Pada Buah Sakti IniSi Manis dan Sehat: Manfaat Madu Bagi Kesahatan yang Mengejutkan

Di lain tempat di Sumbar ada yang menamakan  dengan kerupuk ganepo, karupuak cancang dalam bahasa Indonesia adalah kerupuk cincang, karena pembuatannya yang di potong cincang.

7. Karupuak katam

Camilan yang satu ini di namakan  dengan karupuak katam/karupuak roda, terbuat dari singkong, kerupuk ini berwarna kuning karena di beri kunyit dalam adonannya. Camilan ini sering di temukan di warung-warung kopi dan sering di jadikan sebagai teman makan sate, sup dan lainnya.

8. Kue sarang balam/gerubi

Kue manis yang garing ini terbuat dari ubi jalar yang di potong kecil-kecil menyerupai sarang burung, di potong sedemikian rupa seperti korek api kemudian di goreng lalu di campur dengan gula merah yang sudah di lelehkan.

Itulah tadi daftar rekomendasi camilan khas sumatera barat, makanan yang di tawarkan ada yang memiliki rasa gurih dan manis yang tentunya enak, kamu pilih mana?

0 Komentar