Cari Jenis Jenis TV Digital dan Ciri Ciri TV Digital yang Perlu di Ketahui

Cari Jenis Jenis TV Digital dan Ciri Ciri TV Digital yang Perlu di Ketahui
jenis tv digital dan ciri tv digital: rctiplus.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jenis tv digital dan ciri tv digital. Karena masih dalam fase transisi, masyarakat Indonesia sudah mulai banyak memiliki TV digital saat ini. Pengalaman menonton yang lebih jernih di tawarkan oleh televisi ini. Selain itu, TV digital memiliki berbagai jenis dan fitur yang membedakannya dari TV analog.

Di kutip dari Buku Produksi Konten Televisi dan Konten Media Digital, Haryo Kusumo Aji, S.I.Kom., M.I.Kom, (hal. 32), TV digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi.

Jenis jenis TV Digital dan Ciri Ciri TV Digital

TV digital termasuk teknologi canggih masa kini. Sebab, TV menggunakan sinyal digital atau lebih tepatnya siaran digital. Di samping itu, terdapat jenis jenis tv digital dan ciri tv digital yang perlu di ketahui yaitu.

Baca Juga:Panduan Cara Mencari Sinyal TV Digital Set Top Box yang Hilang, Simak Selengkapnya!Mari Kita Cari Tahu Frekuensi TV Digital Indoesia untuk Semua Wilayah dengan Lengkap

Jenis TV Digital

1. TV LED

TV LED adalah salah satu jenis televisi digital yang merupakan TV LCD namun diterangi dengan lampu latar menggunakan di ode pemancar cahaya. Jenis televisi ini memiliki perangkat lebih tipis dan efisien, karena menggunakan lampu latar LED.

2. OLED TV

Selanjutnya, OLED atau Organic Light Emitting Diode. Ini adalah jenis TV versi kompetitif untuk televisi LCD di era 2012. Layarnya mengandung senyawa organik yang mampu memancarkan cahaya sebagai respons pada listrik. Sehingga, warna hitam yang di tampilkan OLED TV lebih pekat di bandingkan layar LCD.

3. QLED TV

QLED TV atau Quantum Light Emitting Diode adalah jenis TV digital paling populer di pasaran, karena di kenal memiliki rasio kontak yang superior dan umum panjang. Namun, layarnya cukup besar, karena penggunaan teknologi QLED.

4. Smart TV

Pemilik Smart TV tidak perlu khawatir dengan perangkat STB untuk menangkap siaran digital, karena bisa di gunakan sebagai internet TV yang mampu memberikan program tambahan melalui internet.

5. Android TV

Sama dengan Smart TV, Android TV pun memberikan fitur dengan dukungan konektivitas internet. Namun, Android TV di lengkapi dengan sistem operasi Android. Oleh sebab itu, para penggunanya bisa dengan mudah terhubung ke Google Play Store.

Ciri Ciri TV Digital

Lantas, bagaimana dengan ciri-ciri TV digital? Berikut pembahasannya.

1. Tidak Berbentuk Tabung

Ciri pertama, TV digital dapat di lihat dari bentuknya yang tidak lagi berukuran besar dan berat seperti TV tabung atau TV analog. Sebagian besar TV digital justru mengusung desain body ramping dan tipis.

Baca Juga:Ingin Memelihara Kucing? Ini Dia Peralatan Penting untuk Merawat KucingSangat Cocok untuk Berkendara di Kota Besar! Rekomendasi City Car Terbaik

2. Kualitas Gambar Lebih Jernih

Tidak hanya dari sisi desain dan bentuk, kualitas gambar dan audio yang ada pada TV digital juga terbilang jauh lebih baik di banding TV analog.

TV digital dapat menampilkan kualitas gambar pada resolusi HD sampai dengan 4K. Bahkan, tidak sedikit yang sudah di lengkapi teknologi surround-sound, seperti Dolby Audio.

3. Dilengkapi dengan Decoder DVB-T2

TV digital memiliki keterangan sudah di lengkapi decoder DVB-T2 (digital video broadcasting terrestrial second generation). Ini sebagai penerima sinyal TV, dan memungkinkan untuk mengakses siaran secara langsung tanpa menggunakan antena eksternal.

Itulah jenis-jenis TV digital dan ciri-cirinya yang tentunya memberikan pengalaman menonton lebih baik bagi penggunanya. Semoga informasinya bermanfaat.

0 Komentar