Hati-hati Jika Berkendara Saat Musim Hujan, Simak Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman

Hati-hati Jika Berkendara Saat Musim Hujan, Simak Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman
Tips Berkendara Saat Musim Hujan (jabarekspres.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mulai memasuki musim hujan, maka bagi penggunaan kendaraan perlu berhati-hati. Untuk itu, persiapkan diri dengan baik agar aman sampai tujuan. Pasalnya, berkendara saat hujan, perlu tingkat kewaspadaan yang tinggi, terutama ketika menggunakan motor. Maka, dalam mempersiapkan diri, bukan hanya sekedar mempersiapkan perlengkapan yang akan di bawa saja. Berikut, ada tips berkendara aman saat musim hujan yang perlu kamu ketahui.

1. Periksa Kondisi Tubuh

Ada baiknya jika kondisi tubuh saat mengendarai kendaraan haruslah fit. Pasalnya, kondisi tubuh yang tidak fit, dapat berpengaruh pada tingkat kefokusan saat berkendara.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Cek kondisi kendaraan merupakan hal penting berikutnya yang harus di lakukan. Periksa semua bagian kendaraan apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Komponen yang perlu di periksa misalnya tekanan ban, lampu, wiper kaca (untuk mobil) dan lain-lain.

Baca Juga:Mengapa Udara Terasa Lebih Dingin Saat Musim Hujan? Ternyata Ini PenyebabnyaCara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Hujan, Kulit Jadi Lebih Sehat dan Terhidrasi dengan Baik

3. Jangan Mengendarai Terlalu Kencang

Tips berkendara aman saat musim hujan selanjutnya yaitu jangan mengendarai kendaraan terlalu kencang. Gunakan kecepatan standar agar tidak membahayakan pengendara lain. Selain itu, hal ini juga menjadi upaya untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain.

4. Hindari aquaplaning

Aquaplaning adalah kondisi saat ban mobil kehilangan traksi atau daya cengkeram pada permukaan jalan ketika melewati genangan air. Untuk itu, jaga kecepatan kendaraan dan ketika harus mengerem, lakukan dengan halus.

5. Berteduh

Jika berkendara menggunakan motor, maka jangan lupa untuk menggunakan jas hujan agar tidak kebasahan. Namun jika hujan terlalu lebat, maka ada baiknya untuk menepi dahulu dengan berteduh sampai hujan sedikit reda.

0 Komentar