Tidak Harus Coklat, Krim, atau Keju, Ini Dia Resep Apple Berry Cinnamon Pie, Cita Rasa Manis untuk Kejutan Ultah

Tidak Harus Coklat, Krim, atau Keju, Ini Dia Resep Apple Berry Cinnamon Pie, Cita Rasa Manis untuk Kejutan Ultah
resep apple berry cinnamon pie: idntimes.com (realfood.tesco.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kue ulang tahun biasanya terdiri dari kue dengan bahan cokelat, keju, atau krim dan di hiasi dengan buah ceri. Meskipun kue ini biasanya menjadi kue utama perayaan ulang tahun, beberapa orang tidak menyukai kue manis yang pekat dan membuat enek.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba resep kue ulang tahun cinnamon apple berry yang sedikit berbeda. Meskipun bentuknya berbeda dari kue ulang tahun biasa, rasa asam dari beri dan manis dari buah apel memberi kesegaran yang unik.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak resep apple berry cinnamon pie di bawah ini! Simak berikut ini.

1. Mempersiapkan bahan

Bahan isian :

Baca Juga:Maqui Berry Mengandung Antioksidan Antosianin yang Tinggi: 8 Manfaat Maqui Berry untuk Kesehatan, Digolongkan Superfood!Ada yang Sama Dengan Kamu? Terkenal Idealis, 10 Idol Pria Ini Memiliki Zodiak Sagitarius

  • 4 buah apel (bisa apa aja saja, namun apel granny smith adalah pilihan terbaik), kupas, dan potong kecil-kecil
  • 75 gram gula pasir
  • Air perasan dari 1/2 buah lemon
  • 1 sdm kayu manis bubuk
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 200 gram buah beri (campur), bisa yang segar atau frozen
  • 1 sdm tepung maizena

Bahan kulit pie :

  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • 80 gram icing sugar
  • 80 gram gula pasir
  • 80 gram mentega
  • 2 sdm bubuk kayu manis
  • 2 – 3 sdm air dingin
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir kuning telur, untuk adonan dan olesan

2. Membuat adonan kulit cinnamon pastry

Campurkan tepung terigu, icing sugar, mentega, bubuk kayu manis, dan garam hingga adonan menyatu dengan sempurna. Pada tahapan ini, bisa menggunakan food processor atau manual dengan tangan. 

Tambahkan kuning telur dan air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Lalu, giling pada permukaan yang telah di taburi tepung.

Bagi adonan menjadi dua atau tiga bagian. Bagian pertama bentuk menjadi kurang lebih seukuran wadah permukaan cetakan. Tutupi adonan dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas kurang lebih tiga puluh menit.

3. Membuat isian apel dan beri (filling)

Campurkan bahan isian, seperti apel, gula, vanila bubuk, kayu manis bubuk dan air perasan lemon ke dalam sauce pan. Masak di api medium.

Masak semua bahan selama kurang lebih lima menit atau hingga apel empuk dan mengeluarkan jusnya. Lalu tambahkan potongan buah beri.

Selanjutnya, beri tepung maizena sedikit demi sedikit hingga jus mengental. Jika sudah masak, sisihkan sebentar hingga dingin. 

Baca Juga:Bikin Kulit Wajah Tidak Kusam Lagi, 5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Awet Muda!Menjadi Lebih dari Sekedar Nyaman: 5 Zodiak yang Cenderung Kesulitan Keluar dari Zona Nyaman

4. Mempersiapkan isian ke dalam cetakan pie

Olesi bagian permukaan cetakan dengan sedikit margarin. Letakkan adonan kulit pie ke dalam cetakan dan tusuk-tusuk bagian permukaan pie menggunakan garpu. Beri sedikit olesan kuning telur.

Masukkan seluruh adonan isian secara merata dan menyebar. Sisa adonan kulit pie di potong pipih memanjang. Atur potongan pipih ini di atas permukaan isian pie hingga sedikit menutupi permukaan. Beri olesan kuning telur.

5. Proses pemanggangan

Langkah terakhir adalah proses pemanggangan adonan pie yang telah di beri isian. Proses pemanggangan ini memerlukan waktu kurang lebih lima puluh menit menggunakan api bawah. Lalu di lanjutkan dengan tiga menit menggunakan api atas hingga adonan berwarna kecokelatan.

6. Tips mendapatkan tesktur pie yang renyah

Untuk mendapatkan tektur pie yang renyah, pilihlah jenis tepung berprotein rendah. Tepung jenis ini akan memberikan tekstur renyah di luar, namun tetap lembut di bagian dalamnya. Selain itu, juga perhatikan tebal tipisnya adonan.

Adonan yang terlalu tebal akan membuat adonan tidak renyah dan sulit matang. Jika terlalu tipis, akan membuatnya gampang rapuh dan gosong.

Nah, itu tadi resep cara membuat apple berry cinnamon pie yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan untuk kue ulang tahun. Rasa manis dan asam yang tidak terlalu pekat dari sajian ini tidak akan cenderung membuat kamu enek.

0 Komentar