Hidangan Menggugah Selera untuk Perayaan Natal, Berikut Rekomendasi Makanan Khas Natal Indonesia Mudah dan Unik

liputan6.com
liputan6.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Perayaan natal sudah tinggal menghitung hari dan seluruh umat kristiani pastinya akan mempersiapkan hidangan yang lezat. Makanan khas natal asal Indonesia ini menjadi salah satu makanan yang paling di tunggu-tunggu. Meskipun tiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.

Indonesia memang di kenal sebagai negara penghasil rempah-rempah yang melimpah, maka tak heran jika makanan khas natal Indonesia ini memiliki cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Selain di lengkapi dekorasi yang menarik dan berwarna-warni, ada berbagai hidangan lezat yang di sajikan saat perayaan Natal.

Pada umumnya, makanan natal ini tidak jauh beda dengan makanan Natal di luar negeri. Makanan khas Natal Indonesia juga terdiri dari aneka kue, hidangan utama, dan penutup. Jika kamu masih bingung mau membuat apa untuk perayaan natal nanti, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan Natal khas Indonesia.

Baca Juga:Apakah Sudah Rilis? Intip Spesifikasi dan Harga Nokia Zero Max 2023 – Siapkan Bujetnya GuysMengusung Mesin Hybird, Tahun Baru Mobil Baru dengan 5 Pilihan Toyota Terbaru 2024 yang Siap Mengaspal di Indonesia – Spesifikasi dan Harga Lengkap

Makanan Natal Indonesia

1. Babi Panggang Karo

Sumatra utara menjadi salah satu daerah yang masyarakatnya menyiapkan makanan khas natal wajib ada Babi Panggang Karo. Bumbu dari masakan ini, ialah daun serai, bawang putih, dan kecap manis. Babi panggang karo di sajikan dengan saus khusus yang terbuat dari darah babi yang sudah di bumbui dan di masak di atas bara api.

2. Ikan Kuah Kuning

Kita beralih ke Ambon yang menyediakan Ikan Kuah Kuning sebagai santapan di perayaan Natal. Jenis ikan yang biasanya di gunakan adalah ikan tongkol, tuna, atau ikan muba. Setelah itu, ikan tersebut di masak  dengan rempah dan bumbu kuning dari kunyit dan bumbu lainnya. Jangan lupa untuk menyantapnya dengan Papeda.

3. Nastar

Siapa yang tidak mengenal dengan salah satu kue kering enak, yaitu Nastar. Kue kering ini memang biasanya sering menghiasi perayaan hari-hari spesial. Ternyata selain Lebaran, Nastar juga ada di perayaan Natal. Nastar ini biasanya di beri isian selai nanas yang manis dan warna kuning.

4. Selat Solo

Jika di Manado ada Selat yang menjadi makanan natal. Hidangan ini mirip seperti steak daging yang lengkap dengan sayuran dan kentang, lalu di tambahkan sedikit kuah encer. Selat solo ini merupakan makanan khas Jawa yang mendapatkan pengaruh dari Eropa.

5. Klappertaart

Makanan manis selanjutnya ada Klappertaart yang biasa di sajikan saat perayaan Natal. Klappetaart adalah kue manis yang bisa di santap sehabis makan besar sebagai hidangan penutup. Kue tersebut terbuat dari daging kelapa, susu, telur, tepung dan mentega yang di panggang.

6. Babi guling

Apabila kamu pergi ke Bali, pasti tidak aneh melihat banyaknya babi guling. Babi guling menjadi makanan khas Natal yang sudah menjadi tradisi warga setempat. Sementara, di daerah Manado, babi guling juga jadi santapan saat Natal. Babi di masak di atas bara api selama berjam-jam sampai matang, dan di putar atau diguling agar matang merata.

***

0 Komentar