Udara Sejuk Dipadu Pemandangan Alam Hijau Bikim Rileks: Curug di Baturaden dengan Keindahan Alam Memukau, Bikin Betah!

curug di baturaden: cermin-jayaperkasa.blogspot.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kecamatan Baturaden berada di Kabupaten Banyumas dan dekat dengan lereng Gunung Slamet. Daerah ini memiliki banyak keindahan alam yang sayang untuk dilewati.

Jika Anda ingin pergi ke Baturaden, ada banyak tempat yang menarik untuk dilihat, salah satunya adalah wisata curug. Curug-curug unik ini masih alami karena letaknya yang tersembunyi, sehingga selain memiliki udara yang segar, keindahan alamnya juga patut di nikmati.

Berikut beberapa tempat wisata curug favorit di Baturaden yang bisa di masukkan ke dalam wishlist traveling kamu.

Baca Juga:Demi Kebaikan Kamu, Lho: Cara Bijak Menerima Kritik yang Membangun dari PasanganMenawarkan Pengalaman Menginap di Kawasan Hutan Pinus, DeLoano Glamping: Lokasi, Tarif Menginap, dan Aktivitas Seru

1. Curug Jenggala

Curug Jenggala merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter hasil pertemuan antara Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Untuk menuju lokasi curug, pengunjung harus melalui jalan setapak sekitar 800 meter dengan kondisi jalan yang sudah tertata rapi. Namun, harus tetap berhati-hati mengingat lokasinya tersembunyi jadi pengunjung harus memasuki kawasan hutan dengan medan jalan yang terjal dan licin.

Tidak perlu khawatir; tampilan indah tiga aliran air terjun dari dek berbentuk hati akan membayar segala usaha dan tenaga yang Anda habiskan. Dengan angin sepoi-sepoi yang mengalir dari air terjun, Curug Jenggala menjadi tempat yang sempurna untuk berlama-lama. Sejuknya sampai ke tulang!

Curug Jenggala tepatnya berada di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Curug Telu

Sesuai nama, Curug Telu ini memiliki keunikan berupa tiga aliran air terjun yang lokasinya tidak jauh dari Wana wisata Baturaden. Aliran air ini berasal dari sumber mata air Sungai Kisapin, Sungai Buntu, dan Sungai Pelus.

Airnya terlihat sangat jernih tapi di penuhi bebatuan. Namun, pengunjung masih bisa bermain air dengan kedalaman yang tak terlalu curam. Meski demikian, harus ekstra berhati-hati ya mengingat batu-batu di sini cenderung licin.

Untuk bisa sampai ke Curug Telu, para pengunjung harus melewati anak tangga dari mendatar hingga curam sejumlah 360-an. Tapi tenang, di sela-sela perjalanan kamu bakal di suguhi pemandangan alam sekaligus keindahan curug lain seperti Curug Bidadari dan Curug Kledung.

Baca Juga:Glamping With Mountain and Lake View: Rekomendasi Spot Glamping Paling Hits di Kawasan Bedugul BaliSuasananya Buat Kamu Tidak Mau Pulang: Tempat Glamping di Malang Raya Paling  Recommended, Bikin Betah!

Curug Telu ini berlokasi di Desa Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

3. Curug Bayan

Aliran air terjun di Curug Bayan memang tidaklah tinggi, yakni hanya kurang lebih 7 meter saja. Namun begitu, pesona yang di tawarkan tak kalah menakjubkan. Terlebih di bawahnya terdapat kolam dengan luas 200-300 meter persegi dan kedalaman mencapai 2-5 meter.

Airnya begitu jernih sehingga dasar kolam yang berupa batuan pun dapat terlihat jelas. Maka dari itu pengunjung mendapat kesempatan untuk bisa bermain air sesuka hati namun tetap harus memperhatikan keselamatan.

Nah, jika kamu berkesempatan berlibur ke Curug Bayan, kamu tidak hanya bisa bermain air tapi juga menyaksikan keindahan sekitaran curug yang masih asri di tumbuhi pepohonan menghijau. Bahkan, bila di rasa belum puas berlibur, pengunjung juga bisa menginap di villa bernama wisma curug bayan. Asli seru deh!

Destinasi ini terletak di Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Curug Carang

Letaknya yang tersembunyi membuat akses menuju ke Curug Carang harus melalui medan jalan yang gak mulus, yakni harus melewati susur sungai di antara bebatuan terjal serta menuruni tebing dengan seutas tali.

Meski sangat ekstrem, namun banyak pengunjung yang rela menapakinya demi bisa menyaksikan secara langsung air terjun yang keindahannya bak kepingan surga dunia.

Curug Carang sendiri memiliki aliran air terjun dengan ketinggian mencapai 40 meter yang mengalir deras dari sisi kanan sungai. Airnya bersih dan jernih. Jadi cocok untuk bermain air, namun harus selalu mengutamakan keselamatan ya.

Buat lokasinya, Curug Carang terletak di Desa Kemutung Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

5. Curug Grojogan Ratu

Berbeda dengan keempat curug di atas yang lebih dominan tersembunyi, maka bisa di bilang Curug Grojogan Ratu lebih terbuka karena bisa di lihat dari sisi jalan raya.

Akses menuju ke lokasi destinasi pun terbilang nyaman karena pengunjung dapat melalui jalan yang sudah di kelola dengan sedemikian rupa sehingga bisa di lalui jalan kaki maupun berkendara. Menyenangkan sekali bukan.

Nah, kesenangan itu bukan berhenti sampai di sini saja lho. Karena selain nyaman, pengunjung juga bisa memasuki kawasan tanpa di kenakan biaya tiket masuk. Jadi, wisatawan cukup membayar biaya parkir dan dengan senangnya sudah bisa merasakan segala keseruan yang ada di sini.

Lokasi Curug Grojongan Ratu berada yaitu di Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Meski lokasi untuk menuju curug di Baturaden tak semudah yang di bayangkan, namun di balik kesusahan medan jalan yang akan kamu lalui, bakal terbayar kok dengan kesenangan berupa keindahan yang tak terbayangkan sebelumnya. Yakinlah, usaha takkan menghinati hasil!

0 Komentar